Terbit: 16 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Saat menstruasi tiba, rahim akan meluruhkan dindingnya menjadi darah dan keluar melalui vagina. Saat menstruasi terjadi, area di sekitar vagina akan mudah kotor sehingga peluang bakteri berkembang dan menyebabkan adanya infeksi atau penyakit lainnya semakin besar.

Kiat Menjaga Kebersihan Vagina saat Menstruasi

Agar infeksi tidak terjadi dan vagina tetap bersih selama menstruasi berjalan, coba lakukan kiat-kiat di bawah ini.

1. Memilih pembalut yang tepat
Pembalut yang tepat akan membuat area vagina jadi tetap bersih. Darah yang keluar akan diserap dengan baik sehingga tidak meluber ke mana-mana. Selain itu, pembalut yang baik juga tidak menyebabkan adanya iritasi pada kulit sekitar alat kelamin kalau digunakan setiap hari selama beberapa jam.

2. Mengganti pembalut secara rutin
Pembalut harus diganti rutin setiap beberapa jam sekali atau saat darah menstruasi yang keluar jumlahnya banyak. Untuk mengetahui kapan harus berganti pembalut, wanita harus mengecek pembalutnya kalau sudah merasa tidak nyaman atau secara rutin diganti setiap 4-6 jam sekali.

3. Bersihkan area vagina dengan benar
Saat mengganti pembalut, usahakan untuk mencuci vagina hingga bersih. Jangan asal mengganti tanpa membersihkan sama sekali. Gunakan sabun khusus untuk membersihkan area kewanitaan agar bebas dari kuman dan tidak iritasi karena bahan sabunnya salah. Setelah bersih, baru gunakan pembalut yang baru.

4. Gunakan pakaian yang nyaman
Saat sedang menstruasi area di sekitar vagina akan mudah kotor dan dihinggapi kuman. Untuk itu, Anda disarankan untuk tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat dan membuat area selangkangan jadi berkeringat dan lebap. Lebih baik menggunakan pakaian yang lebih longgar dan area di sekitar vagina tetap terjaga kebersihannya.

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan vagina saat menstruasi. Mari lebih menjaga area kewanitaan agar terbebas dari penyakit.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi