Terbit: 15 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat mengalami hipertensi, apa yang kita konsumsi akan memengaruhi tekanan darah tubuh kita. Salah satu zat gizi yang harus mendapatkan perhatian adalah garam.

Untuk Penderita Hipertensi, Ini 5 Tips Jitu Mengurangi Asupan Garam

National Heart, Lung and Blood Institute menyebutkan bahwa pengaturan asupan makanan, utamanya kandungan garam atau sodium, menjadi salah satu kunci keberhasilan penanganan hipertensi. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension).

Penerapan DASH diet umumnya berprinsip pada pembatasan asupan garam, mengurangi asupan makanan rendah lemak dan pemilihan bahan makanan kaya serat seperti sayur dan buah.

Pemilihan jenis bahan makanan seperti sayur dan buah, lazimnya mudah untuk kita terapkan. Namun untuk menerapkan prinsip rendah sodium, yang merupakan prinsip paling penting dalam hipertensi, diperlukan kecermatan yang tepat agar asuapan garam dalam tubuh bisa sesuai dengan kebutuhan.

Maka dari itu kita perlu mengetahui beberapa cara mudah untuk mengurangi asupan garam pada tubuh. Menurut British Dietitian Associaton, beberapa tips yang bisa dilakukan adalah:

  1. Tidak menggunakan garam pada masakan

  2. Tidak menggunakan garam pada masakan tentu akan sulit diterapkan pada masa-masa awal penerapan diet. Untuk itu coba untuk mengganti garam pada masakan bumbu yang memiliki cita rasa kuat misalnya lada atau bumbu pedas. Dengan memilih bumbu yang memiliki rasa kuat maka masakan akan tetap terasa enak.

  3. Menggunakan garam meja dengan ukuran yan sudah ditentukan

  4. Pada beberapa kondisi hipertensi penggunaan garam diperbolehkan dalam jumlah yang sangat sedikit. Untuk menghindari asupan yang berlebihan, penggunaan garam sebaiknya ditambahkan saat makanan akan kita konsumsi/garam meja. Wadah garam yang diletakkan di meja sebaiknya sudah ditakar untuk berapa kali penggunaan sehingga penggunaannya sesuai takaran kebutuhan.

  5. Tidak menggunakan garam meja jika kita memasak menggunakan kaldu kemasan

  6. Kandungan yang ada pada kaldu kemasan memiliki efek yang sama dengan asupan garam yang berlebihan sehingga sebaiknya dihindari. Penggunaan kaldu disarankan menggunakan bahan makanan alami.

  7. Utamakan menggunakan bahan makanan alami

  8. Hampir ¾ kebutuhan garam harian tubuh bisa terpenuhi dari makanan kemasan. Untuk itu penggunaan bahan makanan segar lebih dianjurkan.

  9. Selalu perhatikan kandungan garam atau sodium pada kemasan makanan

  10. Jika kita tidak bisa menghindari penggunaan makanan kemasan, utamakan memilih bahan makanan rendah sodium yaitu yang memiliki kandungan kurang dari 0,1 gram sodium atau 0,3 gram garam.

Kelima cara diatas akan mengurangi asupan garam pada tubuh sehingga penerapan diet DASH dapat berhasil dan mendukung penanganan hipertensi dengan lebih optimal. Jadi, selamat mencoba tips diatas ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi