Terbit: 25 January 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ada banyak faktor yang bisa membuat kemampuan otak menurun, yakni pola tidur yang buruk, konsumsi makanan tidak sehat, malas minum air putih, kebiasaan merokok, atau bahkan karena benturan. Jika kita sudah mulai mengalami gejala-gejala ini, ada baiknya kita mewaspadai semakin melemahnya fungsi otak dan memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.

Tubuh Mengalami Gejala Ini, Waspada Otak Mulai Melemah

Susah berkonsentrasi
Jangan anggap remeh jika kita semakin sering susah berkonsentrasi. Tak hanya disebabkan oleh stress atau kepenatan, bisa jadi otak mengalami kesulitan untuk mengendalikan keseimbangan hormon tertentu sehingga akhirnya membuat kita susah untuk berkonsentrasi. Selain itu, bisa jadi hal ini disebabkan oleh adanya kerusakan sel saraf pada otak yang patut untuk diwaspadai.

Kerap stress
Tak hanya susah berkonsentrasi, jika kita cenderung kerap mengalami stress, maka bisa jadi hal ini disebabkan oleh menurunnya kinerja otak. Yang menjadi masalah adalah, penyebab menurunnya fungsi otak ini juga bisa jadi karena tekanan pikiran berlebihan dalam waktu yang lama.

Daya ingat menurun
Kerap lupa pada banyak hal seperti janji, tugas, atau hal-hal remeh bisa jadi adalah tanda dari melemahnya fungsi otak atau masalah amnesia yang harus segera diperiksakan ke dokter. Sebagai informasi, bisa jadi hal ini disebabkan oleh terganggunya komunikasi pada sel-sel di dalam otak.

Terganggunya pola pikir dan perilaku
Jika kita melihat orang yang kadang memberikan pendapat yang tidak nyambung dalam sebuah obrolan, bisa jadi ada masalah pada pola pikir atau kemampuan otaknya. Selain itu, jika kita melakukan sesuatu yang tidak lagi sesuai dengan perintah otak, maka hal ini juga menandakan penurunan fungsi otak. Bagi pecandu narkoba misalnya, mereka cenderung melakukan tindakan yang di luar nalar akibat dari semakin menurunnya fungsi otak dalam tubuhnya akibat pengaruh obat.


DokterSehat | © 2024 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi