Terbit: 26 May 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Vitamin adalah senyawa organik yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme serta menjaga kebugaran tubuh. Vitamin sendiri bisa didapatkan dari makanan sehat, seperti buah, sayur, dan suplemen lainnya. Ketika tubuh tidak mendapatkan asupan vitamin yang cukup, maka akan terjadi gangguan-gangguan yang akan mengganggu kesehatan.

3 Ciri-Ciri Saat Tubuh Kekuarangan Vitamin

Selain itu, ada beberapa tanda atau gejala yang timbul dari tubuh ketika kekurangan vitamin. Apa saja gejala tersebut? Berikut diantaranya:

1. Kulit Kering

Ketika kulit menjadi lebih kering dan sedikit memar, itu tandanya Anda kekurangan vitamin. Sebab, kulit yang mudah memar itu mendakan seseorang kekurangan vitamin K. Sedangkan jika kulit kering, berarti kekurangan vitamin A dan E. Nah, jika Anda mengalaminya, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bisa mencukupi nutrisi tersebut, sayuran hijau, avokad, pepaya, tomat, wortel, dan sebagainya.

2. Rambut Rontok

Untuk mendapatkan rambut yang sehat, tentunya seseoang membutuhkan perawatan serta nutrisi vitamin yang cukup. Namun, jika rambut Anda rapuh kering, rapuh, dan rontok berarti Anda sedang kekurangan protein dan vitamin D. Sebab, vitamin D adalah salah satu jenis vitamin yang pengaruhnya besar terhadap rambut. Untuk itu, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti yoghurt, ikan salmon dan tuna, daging merah, sayur bayam, dan sebagainya.

3. Mulut Sariawan

Jika Anda mengalami sariawan berarti Anda kekurangan vitamin B12, asam folat, zinc, dan zat besi. Anda perlu mengonsumsi daging, produk susu, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah untuk mencegah dan mengobati sariawan. Namun, jika sariawan tersebut tak kunjung hilang, alangkah baiknya Anda segera pergi ke dokter sebab, sariawan berkelanjutan bisa menjadi salah satu pertanda infeksi mulut.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi