Terbit: 23 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda masih ngantuk di pagi hari? Cobalah cek kembali seberapa lama waktu tidur yang didapatkan semalam. Jika memang kurang dari 7-8 jam, besar kemungkinan badan akan kurang bugar dan akhirnya membuat kita lesu dan mengantuk di pagi hari. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa rasa kantuk ini tetap saja bisa datang meski kita sudah tidur cukup. Biasanya, hal ini disebabkan oleh stress, kelelahan akibat melakukan aktifitas yang berat, atau kurang terkendalinya emosi dengan baik.

Tidak Selalu Karena Kurang Tidur, Hal ini Juga Menyebabkan Kita Ngantuk di Pagi Hari

Penyebab lain datangnya rasa kantuk meski kita sudah tidur cukup adalah adanya terjadinya masalah pada mekanisme tubuh kita, khususnya berupa kekurangan zat besi. Seringkali, kita memang tidak menyadari bahwa diet harian kita tidak memberikan asupan yang cukup bagi kebutuhan tubuh, khususnya dalam hal asupan zat besi. Dalam laporan kesehatan berjudul iVillage, disebutkan bahwa 91 persen wanita dengan usia 16 hingga 64 tahun dari Inggris kekurangan asupan zat besi gara-gara menjalani program diet yang kurang tepat. Yang menjadi masalah adalah, kekurangan asupan zat ini akan membuat tubuh mudah lelah sekaligus menurunkan performa dan konsentrasi. Proses penurunan ini bahkan bisa terus berlangsung hingga ke sore hari.

Agar tubuh kembali bugar, ada baiknya kita memperhatikan apa yang kita makan di siang hari. Jangan hanya mengandalkan karbohidrat yang mengenyangkan. Pastikan untuk mengkonsumsi sayuran yang kaya akan zat besi, buah, sumber protein, dan juga cokelat jika perlu. Selain itu, selalu pastikan untuk mengkonsumsi sarapan pagi agar kita mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk beraktifitas.

Cara lain agar tubuh tetap berenergi adalah dengan mengkonsumsi suplemen vitamin C yang bisa mendukung penyerapan zat besi dan minum air putih dengan cukup.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi