Terbit: 24 January 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebagian dari kita tentu memilih mandi air hangat saat pagi hari untuk mengalahkan suhu udara yang dingin. Selain badan menjadi lebih segar, mandi air hangat dapat membantu relaksasi otot dan mengurangi stres. Namun tahukah Anda kalau mandi air dingin saat pagi hari ternyata lebih sehat?

Ternyata Mandi Air Dingin Saat Pagi Lebih Banyak Manfaatnya

Mandi air dingin saat pagi membuat aliran darah bergerak bergerak menuju organ tubuh. Sirkulasi darah yang baik dapat mengurangi risiko penyakit seperti penebalan pembuluh darah dan varises.

Selain itu, mandi air dingin juga dapat mengecilkan pori-pori. Kulit menjadi lebih sehat dan bebas jerawat karena terhindar dari kotoran dan minyak penyebab jerawat yang masuk ke dalam pori-pori. Tak hanya itu, mandi air dingin saat pagi hari juga dapat mengurangi pembengkakan pembuluh darah penyebab lingkaran hitam di bawah mata. Kulit Anda pun menjadi lebih segar dan membuat Anda percaya diri.

Bukan hanya bermanfaat bagi kulit, mandi air dingin juga baik bagi rambut. Air dingin dapat menutup kutikula sehingga rambut lebih kuat dan mencegah penumpukan kotoran di kulit kepala. Hal ini dapat mencegah kerontokan dan memperlambat munculnya uban.

Manfaat lainnya, mandi air dingin dapat menyegarkan otak sehingga Anda dapat terhindar dari stres. Mandi air dingin juga dapat memperlancar metabolisme tubuh, meningkatkan daya tahan dan meningkatkan kesuburan.

Satu hal yang perlu diperhatikan, jangan mandi dengan suhu air yang terlalu dingin. Saat mandi, sesuaikan suhu dengan kekuatan tubuh Anda. Lakukan setiap hari dan rasakan manfaatnya bagi tubuh Anda.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi