Terbit: 18 January 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setelah mandi, kita biasanya akan merasakan sensasi segar dan nyaman. Namun, kadangkala kita justru merasa gerah dan panas setelah melakukannya. Apa sebenarnya penyebab dari rasa gerah setelah mandi ini?

Ternyata, Ini Penyebab Setelah Mandi Badan Malah Terasa Gerah

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa penyebab mengapa kita justru merasakan sensasi gerah setelah mandi. Biasanya, hal ini disebabkan oleh air yang masih tertinggal pada kulit atau rambut dan tidak benar-benar kita keringkan dengan baik. Hal ini membuat air kemudian menguap dan bergabung dengan suhu udara. Kondisi ini tentu akan meningkatkan suhu dan kelembaban pada ruangan. Selain itu, jika memang suhu udara sangat panas, tubuh akan segera mengeluarkan keringat dan akhirnya menyebabkan rasa gerah. Bahkan, jika kita menggosokkan handuk pada kulit dengan terlalu keras, maka gesekan dengan kulit ini juga akan membuat kita merasa panas atau gerah.

Agar tidak merasa gerah saat mandi, ada baiknya kita tidak memakai air hangat saat mandi. Namun, jika suhu udara memang cukup dingin dan kita mandi terlalu larut, maka tidak apa-apa untuk mandi dengan air panas. Hanya saja, saat kita akan selesai mandi, bilaslah tubuh dengan air dingin sehingga tidak akan ada uap panas yang tertinggal pada tubuh.

Ada baiknya kita juga tidak terlalu lama berada di dalam kamar mandi, apalagi jika ukuran kamar mandi sangat kecil dan tidak memiliki ventilasi yang cukup. Jika terlalu lama di dalamnya, maka udara di dalam akan semakin panas dan akan meningkatkan sensasi gerah. Selain itu, jika memang suhu udara cukup panas, pakailah pakaian yang tipis dan nyaman untuk digunakan sehingga tidak akan membuat kita banyak berkeringat. Jika perlu, nyalakan kipas atau AC agar suhu ruangan menjadi lebih sejuk.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi