Terbit: 13 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Ada tiga alasan yang menyebabkan seseorang jadi malas dan tidak mau berolahraga setiap harinya. Alasan itu adalah tidak ada waktu, tidak ada waktu, dan tetap tidak ada waktu. Alasan ini muncul karena mereka sibuk kerja dan selalu kecapaian begitu pulang. Saat akhir pekan tiba, waktu juga banyak dihabiskan untuk tidur agar awal minggu kembali semangat untuk bekerja.

#TantanganCintaSehat: Tetap Langsing Meski Sibuk Kerja dengan Menerapkan Home Workout

Sebenarnya, olahraga tetap bisa dilakukan kok meski sedang sibuk atau tidak memiliki waktu. Anda tidak perlu sampai datang ke gym atau ke lapangan untuk menguras keringat. Di rumah pun, Anda masih berolahraga dengan intens dan mengesampingkan rasa malas. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Gunakan tubuh untuk berolahraga
Sejatinya kita tidak membutuhkan alat untuk bisa berolahraga. Dengan menggunakan berat badan saja olahraga bisa berjalan dengan baik dan benar. Cobalah lakukan push up, sit up, plank, dan variasi gerakan yang menggunakan tubuh sebagai beban. Lakukan olahraga ini selama 15-30 menit setiap pagi atau dua hari sekali.

Kalau Anda ingin yang lebih intens, coba pelajari Freeletics atau Calisthenics. Dua olahraga ini dirancang dilakukan di rumah dengan waktu singkat, tapi intens.

2. Manfaatkan rumah dan perabot
Anda bisa memanfaatkan apa yang ada di rumah untuk olahraga. Misal rumah memiliki tangga, gunakan tangga ini untuk naik turun selama beberapa kali. Di tangga, Anda juga bisa melakukan variasi gerakan push up dengan posisi miring.

3. Cobalah bergerak ke mana saja
Kalau rumah tidak ada tangga atau terlalu sempit, jangan khawatir. Coba kelilingi rumah selama beberapa kali dengan berlari kecil. Selanjutnya coba lakukan skipping atau lompat tali di depan rumah untuk membakar kalori dengan cepat dan efisien.

Dengan memanfaatkan tiga hal di atas, seharunya tidak ada lagi alasan untuk malas berolahraga. Kita semua bisa lebih langsing atau badan tetap ideal meski sibuk kerja setiap hari.

Oh ya, Teman Sehat! Jangan sampai ketinggalan peluang meraih hadiah voucher belanja senilai jutaan rupiah dengan mengikuti #TantanganCintaSehat yang diadakan oleh DokterSehat.com. Kali ini temanya home workout. Kalau Anda ingin ikutan, cara mudah kok, cukup simak berbagai persyaratannya di sini.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi