Terbit: 15 Februari 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu perasaan terbaik di dunia adalah tertawa lepas hingga terasa pada perut. Ini bisa membawa kita berbaur bersama dan membangun koneksi yang menakjubkan. Dari cekikikan kecil sampai tertawa terbahak-bahak bisa mengubah suhu ruangan  keluarga menjadi hangat.

#TantanganCintaSehat: Tertawa Menyehatkan Jantung hingga Turunkan Tekanan Darah

Tidak hanya menyenangkan, tertawa bisa menyehatkan tubuh Anda. Pakar kesehatan telah meneliti manfaat tertawa dan menemukan hasil yang menakjubkan, berikut manfaatnya, seperti dilansir dari Gaiam:

1. Mendukung Tekanan Darah
Orang yang menurunkan tekanan darah, bahkan mereka yang memulai pada tingkat normal, akan mengurangi risiko stroke dan serangan jantung. Jadi ambilah koran hari Minggu, baca halaman-halaman lucu, dan nikmati ‘obat’ tawa Anda.

2. Mengurangi Tingkat Hormon Stres 
Dengan mengurangi tingkat hormon stres, Anda sekaligus mengurangi kecemasan dan stres yang berdampak pada tubuh Anda. Selain itu, pengurangan hormon stres dapat menyebabkan kinerja sistem kekebalan tubuh lebih tinggi.

3. Menguatkan Otot Perut
Salah satu manfaat tawa adalah bisa menguatkan otot perut. Saat Anda tertawa, otot-otot di perut Anda mengembang dan berkontraksi, sama seperti ketika Anda dengan sengaja melatih otot perut Anda. Sementara otot yang tidak Anda gunakan untuk tertawa pun mendapat kesempatan untuk rileks. Tambahkan tawa ke rutinitas otot perut Anda dan buat perut kencang lebih menyenangkan.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Tertawa adalah latihan kardio yang hebat, terutama bagi mereka yang tidak mampu melakukan aktivitas fisik lainnya karena cedera atau sakit. Ini membuat jantung Anda memompa dan membakar kalori dalam jumlah yang sama per jam saat berjalan dengan kecepatan lambat sampai sedang.

5. Meningkatkan Sel-T
Sel T (limfosit T) dalah sel sistem kekebalan khusus yang menunggu di aktivasi tubuh Anda. Saat Anda tertawa, Anda mengaktifkan sel T yang segera mulai membantu Anda melawan penyakit. Lain kali saat Anda merasa kedinginan, tambahkan tertawa pada rencana pencegahan penyakit Anda.

6.Pemicu Pelepasan Endorfin
Endorfin adalah obat penghilang rasa sakit alami. Dengan tertawa, Anda bisa melepaskan endorfin, yang bisa membantu meringankan rasa sakit kronis dan membuat Anda merasa baik di seluruh tubuh.

7. Meningkatkan Kenyamanan Tubuh Anda
Tertawa dapat meningkatkan keseluruhan rasa nyaman Anda. Dokter telah menemukan bahwa orang yang memiliki pandangan positif terhadap kehidupan cenderung melawan penyakit lebih baik daripada orang yang cenderung lebih negatif. Jadi tersenyum, tertawa, dan hidup lebih lama!

Teman Sehat! Jangan sampai ketinggalan peluang meraih hadiah berupa voucher belanja senilai jutaan rupiah dengan cara mengikuti #TantanganCintaSehat yang diadakan oleh DokterSehat.com. Cara mudah kok, cukup simak berbagai persyaratannya di sini.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi