Terbit: 28 January 2018 | Diperbarui: 7 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.com – Menyantap makanan berminyak seperti yang disajikan oleh gerai makanan cepat saji memang sangat menyenangkan. Namun, kalau Anda melakukannya secara rutin tanpa dibarengi makan sayur atau berolahraga, kolesterol jahat bisa saja menyerang kaki secara diam-diam.

Tanda-tanda Kolesterol Sudah Menyerang Kaki Anda

Kalau Anda merasakan tanda-tanda berikut ini, kolesterol sudah mulai menyerang kaki. Mari lebih waspada!

1. Kram kaki pada malam hari
Kolesterol akan menyumbat pembuluh darah di mana pun letaknya termasuk di kaki. Saat pembuluh darah tersumbat, Anda akan merasakan kram mendadak dan rasa sakit ini baru bisa hilang setelah kaki dijuntaikan atau ketika Anda duduk di atas kursi.

Kalau saat malam hari Anda mendadak merasakan kram yang susah ditahan hingga terbangun, pembuluh darah di kaki sudah mulai tersumbat oleh kolesterol yang masuk bersama dengan makanan.

2. Nyeri pada kaki
Kaki yang sehat biasanya tidak mudah lelah meski Anda berjalan atau berlari dengan jarak yang bisa ditoleransi. Jika kaki Anda kerap sakit saat digunakan untuk berjalan meski jaraknya tidak jauh, kemungkinan besar terjadi klaudikasi.

Rasa sakit yang timbul pada kaki saat berjalan muncul akibat arteri yang tersumbat. Akibatnya, aliran darah yang menuju kaki terhambat dan tenaga pada kaki tidak bisa distabilkan.

3. Perubahan warna kulit kaki yang cepat
Kalau warna berubah jadi putih atau pucat dengan cepat saat digantung atau ditekuk dalam jangka waktu yang singkat, ada kelainan pada pembuluh darah kaki Anda. Untuk mengurangi efek pucat yang kadang berujung pada kesemutan ini, Anda disarankan untuk berdiri dan berjalan perlahan-lahan.

4. Disfungsi Ereksi
Pada kasus khusus, kolesterol yang sudah sampai kaki dapat menyumbat arteri iliaka internal. Pembuluh darah ini bertugas menyuplai darah ke organ kelamin pria saat ereksi. Kalau pembuluh darahnya tersumbat, ereksi akan sulit terjadi dan mengganggu aktivitas seksual.

5. Perubahan kulit dan kuku
Saat pembuluh darah tersumbat, aliran sari makanan yang mengalir dalam darah tidak bisa berjalan dengan lancar ke kaki. Dampaknya, kulit kaki jadi mengencang, rambut di atas jari susah tumbuh, dan kuku jadi menebal.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi