Terbit: 8 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Olahraga adalah sebuah aktivitas yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Dengan rutin olahraga, tubuh akan menjadi lebih bugar, pikiran menjadi rileks, serta terhindar dari berbagai macam penyakit yang membahayakan.

Sudah Olahraga Keras Tapi Tidak Ada Hasil? Ini 3 Penyebabnya!

Tapi dibalik semua manfaat itu, ada sebagian orang yang justru tidak mendapatkan hasil maksimal dari rutinitasnya berolahraga. Sebagai contoh, badan tetap saja tertutup lemak, lalu badan tetap tidak prima, dan pikiran tidak menjadi rileks. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Padahal olahraga bisa menjamin hilangnya semua kendala itu.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun, setidaknya ada 3 kesalahan yang dilakukan oleh seseorang seusai olahraga sehingga hasilnya tidak maksimal. Berikut 3 kesalahan tersebut:

1. Kurang Istirahat

Setelah berolahraga, badan akan menjadi lemas karena hampir seluruh energi terkuras untuk membakar kalori di dalam tubuh. Saat olahraga, tidak sedikit pula otot mengalami cidera, baik itu ringan maupun berat. Maka dari itu, sangat disarankan beristirahat setelah olahraga. Istirahat tidak harus tidur, melainkan bisa rileksasi dengan meditasi atau duduk sejenak menikmati segarnya tubuh setelah olahraga. Kebanyakan orang saat ini cukup enggan beristirahat setelah berolahraga, hal itulah yang menyebabkan olahraga tidak menuai hasil maksimal.

2. Tidak cukup air

Perlu ditekankan lagi, olahraga adalah aktivitas yang paling menguras keringat manusia. Tubuh akan kehilangan banyak elektrolit dan cairan sehingga menyebabkan dehidrasi. Maka dari itu, kembalikan cairan yang telah hilang tadi dengan banyak minum air mineral. Selain itu, setelah berolahraga tubuh akan menjadi lebih tanggap dan cekatan dalam proses metabolisme yang berarti membutuhkan banyak air untuk proses tersebut. Dalam hal ini, dianjurkan minum air yang memiliki kandungan positif seperti air kelapa atau protein shake.

3. Makan junk food

Kesalahan yang paling banyak dilakukan setelah berolahraga adalah mengkonsumsi junk food. Menurut pelatih kebugaran American College of Sport Medicine (ACSM), Hode Pedraza, kesalahan besar adalah makan junk food setelah berolahraga. Hal tersebut dikemukakan bukan tanpa alasan. Mengingat setelah olahraga banyak jaringan otot yang harus diperbaiki, maka seseorang harus menggantinya dengan makanan yang mengandung karbohidrat serta protein.

 


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi