Terbit: 31 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Pernahkah Anda merasa sakit kepala ketika bangun tidur di pagi hari? Sakit kepala memang bisa datang kapan saja dan di mana saja, bahkan ketika Anda bangun tidur di pagi hari. Hal ini disebabkan oleh menurunnya tekanan darah secara drastis namun dalam waktu sementara ketika Anda mengubah posisi tubuh dari berbaring ke posisi tubuh duduk atau berdiri dengan cepat.

Sering Sakit Kepala Ketika Bangun Pagi? Mungkin ini Penyebabnya

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan sakit kepala ketika bangun tidur di pagi hari. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

1. Berhenti Minum Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak digemari karena bisa dijadikan teman ketika sedang begadang mengerjakan tugas kantor. Kopi dipercaya bisa memberikan semangat dan menghilangkan rasa kantuk, sehingga banyak orang yang merasa ketagihan meminum kopi. Sayangnya, kopi bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, ketika Anda sudah terbiasa meminum kopi namun tiba-tiba berhenti, maka akan membuat kepala Anda terasa sakit setelah bangun tidur. Hal ini dikarenakan kafein yang ada di dalam kopi dapat merangsang sistem saraf otak untuk melebarkan pembuluh darah.

2. Kurang Tidur

Pekerjaan yang sangat banyak, mau tidak mau harus diselesaikan meskipun harus begadang sehingga tubuh kurang istirahat. Padahal, tubuh membutuhkan waktu untuk tidur setidaknya 8 jam sehari untuk bisa memulihkan energi yang terkuras akibat aktivitas di siang hari. Ketika Anda begadang dan kurang istirahat, maka akan menyebabkan sakit kepala ketika bangun tidur di pagi hari. Hal ini terjadi karena kurang tidur meningkatkan hormon tiroid dalam tubuh, sehingga menyebabkan peningkatan tekanan darah dan gangguan aliran darah yang keluar dari jantung.

3. Salah Bantal

Tidur tanpa bantal sebagai penyangga kepala, membuat tidur Anda terasa tidak nyaman. Sehingga, bantal akan selalu digunakan ketika tidur. Namun, jika Anda salah meletakkan posisi bantal, maka akn menyebabkan sakit leher dan kaku seperti tidak bisa digerakkan ke kanan dan ke kiri. Aibat dari salah bantal yang berkelanjutan juga bisa membuat Anda merasa sakit kepala ketika bangun tidur. Oleh sebab itu, gunakanlah bantal yang nyaman untuk mendukung kenyamanan tidur Anda.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi