Terbit: 18 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menjamurnya kafe, restoran, dan berbagai tempat makan lainnya di kota-kota besar membuat semakin banyak orang yang kini memilih untuk makan malam di luar rumah. Tak hanya itu, budaya wisata kuliner juga membuat kini banyak orang tertarik untuk mencicipi berbagai macam makanan. Sebenarnya, apakah kebiasaan makan malam di luar rumah bisa memberikan dampak bagi kesehatan?

Sering Makan Malam di Luar Rumah, Begini Dampaknya Bagi Kesehatan

Pakar kesehatan Dr. Grace Judio-Kahl, Msc menyebutkan bahwa ada banyak faktor yang menyebabkan semakin banyak orang yang makan malam di luar rumah. Sebagai contoh, masih banyak masyarakat yang tidak bisa memasak. Selain itu, dengan makan di luar rumah, maka kita bisa mencicipi beragam jenis makanan yang belum tentu bisa kita masak di dalam rumah. Penyajian makanan yang lebih baik juga membuat makanan di luar rumah jauh lebih menggiurkan jika dibandingkan dengan masakan rumahan yang cenderung monoton.

Yang menjadi masalah adalah, kita tidak bisa mengontrol seberapa banyak makanan yang kita konsumsi saat makan di luar rumah. Hal ini bisa membuat kita makan dengan berlebihan dan memicu kenaikan berat badan. Tak hanya itu, kita juga tidak tahu bahan apa saja yang dimasukkan dalam makanan yang kita konsumsi. Bisa jadi makanan ini memiliki kandungan garam yang tinggi, kaya akan kalori, atau kaya akan kandungan lemak yang tidak sehat. Hal ini tentu saja akan meningkatkan resiko terkena berbagai penyakit seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, kadangkala makanan yang disajikan tidak diolah dengan higienis sehingga kita pun beresiko mengalami sakit perut atau diare.

Bagi para anak kos yang terbiasa makan di luar rumah karena lebih praktis, pastikan untuk memperhatikan keseimbangan nilai gizi dalam makanan yang dibeli. Selain itu, perhatikan pula kebersihan dari tempat makan yang dituju. Bagi mereka yang sudah berkeluarga, sesekali wisata kuliner di luar rumah boleh-boleh saja untuk dilakukan. Namun, sebenarnya makan di rumah lebih baik bagi kesehatan tubuh.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi