Terbit: 29 January 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang masih malas mencuci tangan saat makan di restoran. Selain itu, kita juga masih cenderung mencuci tangan di waktu yang tidak tepat, yakni melakukannya justru sebelum mendapatkan kertas menu makanan atau sebelum duduk di meja makan. Padahal, kertas menu makanan ini bisa jadi memiliki banyak sekali kuman, bakteri, dan kotoran yang mampu menyebabkan datangnya penyakit berbahaya.

Segera Cuci Tangan Setelah Memegang Menu Makanan di Restoran!

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa tanpa kita sadari, kertas menu makanan yang ada di restoran memiliki kuman dengan jumlah 100 kali lebih banyak dari yang ada di dudukan toilet. Bahkan, jika kertas menu makanan ini hanya dilap dengan serbet yang juga dipakai untuk mengelap meja atau tempat duduk, maka jumlah kuman ini bisa jadi jauh lebih banyak dari yang kita duga. Hal ini disebabkan oleh kuman yang ada di tempat-tempat lain justru berpindah ke kertas menu makanan yang akhirnya kita pegang sebelum memesan makanan.

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk segera mencuci tangan dengan sabun setelah memegang kertas menu makanan demi mencegah paparan kuman dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu, para pengusaha restoran sebaiknya mulai membersihkan kertas menu makanan secara berkala dengan memakai cairan disinfektan mengingat banyaknya orang yang memegang kertas menu makanan tersebut secara bergantian. Kain serbet yang dipakai untuk membersihkan kertas menu makanan juga sebaiknya direndam di dalam cairan disinfektan agar bisa membunuh berbagai kuman dan bakteri dengan lebih baik.

Jadi, sudah tahu kan kapan waktu paling tepat untuk mencuci tangan sebelum makan di restoran. Jangan salah lagi ya?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi