Terbit: 3 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat kita memesan makanan atau minuman di tempat makan, kadangkala kita menemukan sedotan yang sudah berdebu di atas meja. Karena ingin menggunakannya, kita membersihkannya dengan air terlebih dahulu, termasuk untuk membersihkan bagian dalamnya. Sebenarnya, apakah sedotan yang sudah dibilas ini sudah aman untuk digunakan?

Sedotan Berdebu Hanya Dibersihkan Dengan Air, Apakah Sudah Cukup Aman Untuk Digunakan

Kebanyakan orang memang memilih untuk memakai sedotan karena berpikir jika tidak nyaman untuk memakai gelas yang sudah dipakai oleh orang lain sebelumnya. Sayangnya, penggunaan sedotan sebenarnya bisa memberikan banyak kerugian bagi kesehatan tubuh. Sebagai contoh, sedotan yang disediakan di meja tempat makan sudah berdebu, apalagi jika posisi tempat makan terbuka dan mudah terpapar kotoran dan polusi dari jalan raya. Meskipun sudah kita bersihkan, bisa jadi masih ada kotoran dan bakteri yang tertinggal di bagian dalam sedotan. Bakteri dan kotoran ini bisa jadi ikut masuk bersama dengan minuman yang kita konsumsi dan akhirnya bisa memicu gangguan pencernaan.

Karena alasan inilah ada baiknya kita memperhatikan dengan benar rupa sedotan yang disediakan. Jika memang terlihat kotor dan tetap tersisa kotoran di dalamnya meskipun sudah dibilas dengan air, ada baiknya kita tidak menggunakannya dan meminum langsung dari gelas saja.

Selain berpotensi menyebabkan masalah pencernaan, penggunaan sedotan juga bisa memberikan kerugian lain seperti membuat bibir kita mudah berkeriput. Saat kita menggunakan sedotan saat minum, mulut akan berbentuk kerucut dan hal ini ternyata bisa membuat keriput lebih cepat datang. Efek ini bahkan dianggap setara dengan kebiasaan merokok. Selain itu, kebiasaan memakai sedotan juga bisa memicu perut kembung karena tanpa sengaja kita banyak menelan udara saat menggunakannya.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak sering-sering menggunakan sedotan, apalagi jika sedotannya sudah terlihat kotor dan berdebu.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi