Terbit: 4 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kadangkala kita mengalami susah tidur meskipun tubuh sudah merasa sangat lelah dan ingin beristirahat. Sayangnya, kadangkala kita justru melakukan beberapa hal yang membuat kita tidak kunjung bisa terlelap. Apa sajakah tindakan tersebut?

Sedang Susah Tidur? Jangan Lakukan Hal Ini Agar Bisa Cepat Mengantuk

Sering melihat jam
Cukup banyak orang yang terus melihat jam saat terkena insomnia. Memang, tujuan dari melakukannya adalah agar mengetahui waktu. Namun, jika kita melakukannya, maka kita akan berpikir tentang seberapa lama kita sudah terjaga atau tinggal berapa lama kita bisa tertidur. Hal ini akan membuat pikiran semakin sibuk dan akhirnya membuat kita tidak kunjung terlelap.

Tetap di atas tetap tidur
Meski tujuannya adalah agar kita berada dalam posisi rileks di atas tempat tidur, dalam realitanya hal ini justru akan membuat kita berpikir terlalu banyak dan akhirnya tidak kunjung bisa tertidur. Cobalah untuk membaca buku yang bisa membuat kita lebih mudah mengantuk dan akhirnya bisa segera terlelap.

Menonton televisi atau bermain ponsel
Banyak orang yang memilih untuk menonton televisi atau bermain ponsel saat tidak bisa tidur. Bukannya membuat mata mengantuk, paparan sinar dari layar televisi dan ponsel justru akan mempengaruhi hormon melatonin, hormon yang diproduksi di dalam otak yang mempengaruhi kemampuan tidur kita. Melakukannya justru akan membuat kita semakin tidak bisa tidur.

Tidak mematikan lampu
Karena takut dengan gelap, ada sebagian orang yang tidur dengan kondisi lampu masih menyala. Namun, hal ini akan membuat kita tidak mudah mengantuk. Efek dari cahaya terang lampu mirip dengan paparan cahaya televisi atau ponsel yang bisa membuat kita tidak mudah mengantuk.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk membuat pikiran menjadi lebih rileks di malam hari, khususnya sebelum tidur, demi membuat tubuh lebih mudah untuk terlelap. Hindari pula penggunaan gadget sebelum tidur agar hormon melatonin bisa benar-benar berfungsi dengan baik dan membuat kita bisa tidur dengan nyenyak.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi