Terbit: 6 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Konon, wanita cenderung tertarik dengan pria yang lebih tua. Ya, dibandingkan pria yang lebih muda atau sebaya, wanita malah memilih pria yang bahkan usianya terpaut lebih dari 10 tahun!

Menikah dengan Pria yang Usianya Jauh Lebih Tua? Ini Risikonya

Bagi wanita, menikah dengan pria yang jauh lebih tua memiliki banyak keuntungan. Pertama, pria dengan kriteria ini lebih dewasa dan bisa ngemong. Kedua, secara finansial, pria dewasa bisa mencukupi kebutuhan wanita dan kehidupan rumah tangganya kelak.

Nah, apakah menikah dengan pria lebih tua memberikan banyak kelebihan saja? Jawabannya, tidak. Menikah dengan pria yang jauh lebih tua juga memiliki risiko, berikut ulasannya:

1. Performa seks dan kehamilan
Pria yang masih  berusia 20-an tahun memiliki stamina untuk berhubungan seks yang lebih baik dari pria yang berusia 30-an tahun. Menikah dengan pria yang lebih tua bisa saja menurunkan kualitas hubungan badan.

Selain masalah hubungan badan, kandungan testosteron pria berusia 30 tahun ke atas cenderung menurun. Penurunan ini membuat kualitas sperma juga ikutan drop sehingga kemungkinan terjadi pembuahan akan menjadi kecil.

Situasi ini mungkin saja tidak terjadi pada pria yang terus menjaga kebugaran. Meski usianya sudah memasuki angka 30 tahun, kondisi fisiknya tetap baik dan kadar hormon seksnya tetap normal atau bahkan tinggi.

2. Masalah kesehatan
Pria dengan usia lebih tua rentan terkena penyakit tertentu. Misal akibat kebiasaan hidupnya yang buruk, mereka bisa alami obesitas, terkena diabetes, hingga gangguan kesehatan lain yang bisa menyusahkan kehidupan rumah tangga di kemudian hari.

3. Lebih posesif
Pria dengan usia yang jauh lebih tua dari wanita pasti lebih posesif dengan pasangannya. Mereka sadar kalau usia yang lebih tua membuat wanita jadi tidak tertarik lebih lama. Untuk menjaga hubungannya agar berjalan lancar, pria akan selalu posesif khususnya ketika istrinya berdekatan dengan pria lain.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi