Terbit: 24 August 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kandung kemih adalah organ yang berada di dalam tubuh pria dan wanita. Letaknya di belakang kemaluan sehingga tidak bisa terlihat dengan jelas. Karena tidak bisa terlihat dengan jelas inilah, gangguan yang terjadi di sana akan susah ditebak. Bahkan, bisa parah tanpa diketahui sebelumnya oleh kita semua.

4 Penyebab Rasa Sakit Berlebih pada Kandung Kemih

Karena tidak tahu tanda yang nyata, pria dan wanita harus tahu tanda yang lebih jelas dari apa yang dirasakan oleh tubuh. Meski tidak terlihat, perubahan pada kandung kemih akan memberikan efek pada tubuh seperti rasa sakit yang berlebihan. Berikut ulasan tentang penyebab rasa sakit pada kandung kemih dan cara mengatasinya.

Penyebab rasa sakit pada kandung kemih

Rasa sakit yang bersumber pada kandung kemih ada banyak. Berikut beberapa penyebab yang kemungkinan besar menyerang tubuh.

  1. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih bisa terjadi pada pria dan wanita meki pada wanita lebih umum terjadi. Kondisi vulva yang terbuka membuat bakteri mudah sekali masuk dan akhirnya menyebabkan infeksi dengan mudah. Saluran kemih hingga ke kandung kemih akan mengalami gangguan sehingga tubuh sering mengalami demam.

Selain demam, saat pria dan wanita berkemih, tubuh akan mengalami gangguan berupa rasa sakit di bawah perut yang cukup kuat. Rasa sakit ini menyebabkan perasaan yang sangat tidak nyaman. Bahkan beberapa wanita sering merasakan panas di area vagina.

  1. Interstitial cystitis

Inflamasi yang terjadi pada jaringan kandung kemih ini membuat pria dan wanita merasakan sakit yang cukup hebat. Kondisi ini semakin parah karena urine yang disimpan di kandung kemih memicu peradangan menjadi lebih parah dan infeksi bakteri bisa saja terjadi.

Hingga saat ini belum jelas apa yang menyebabkan kondisi peradangan ini. Namun, sebagian besar peradangan disebabkan oleh kondisi tubuh seperti stres berlebihan, alergi, diet yang tidak sehat, atau konsumsi obat tertentu.

  1. Perubahan di saluran reproduksi

Perubahan saluran reproduksi terjadi pada wanita dan jarang terjadi pada pria. Perubahan ini terjadi karena proses reproduksi seperti kehamilan atau ada perubahan hormon yang menyebabkan wanita jadi mengalami sakit di kandung kemih dan area rahim.

Kondisi ini akan parah saat wanita buang air kecil. Rasa panas dan sakit membuat perasaan jadi sangat tidak nyaman.

  1. Kanker kandung kemih

Kanker kandung kemih bisa dialami oleh siapa saja baik pria maupun wanita. Kanker bisa muncul karena ada radikal bebas masuk di sekitar kandung kemih sehingga sel karsinogen terbangkitkan. Kalau kondisi ini sudah parah, kanker pada kandung kemih bisa menyebar ke mana-mana termasuk prostat.

Meski kanker bisa muncul, kondisi ini sebenarnya cukup langka. Pria atau wanita yang mengalaminya kondisi ini akan merasakan sakit yang cukup kuat pada tubuh. Di area sekitar perut akan nyeri khususnya saat berhubungan badan atau buang air kecil.

Cara mengatasi gangguan pada kandung kemih

Sebagian besar gangguan yang dialami oleh wanita dan pria muncul dalam bentuk rasa sakit dan panas di area perut bagian bawah. Setelah mengenali gejalanya Anda tidak bisa langsung minuman obat tertentu. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter agar diagnosisnya yang dilakukan berjalan dengan aman dan lancar.

Rasa sakit yang terjadi di area perut bawah bisa saja tidak sekadar gangguan kandung kemih. Bisa saja ada gangguan pada prostat atau rahim. Jadi, segera lakukan pemeriksaan agar tidak salah penanganan.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda semua yang sering mengalami nyeri di bawah perut. Segera lakukan pemeriksaan agar tidak parah dan susah diatasi.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi