Terbit: 8 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Seorang pria berusia 46 tahun yang dipanggil dengan nama Wu dari Guizhou, Barat Daya Tiongkok, mengalami kondisi neurocysticercosis yang membuatnya mengalami gejala seperti sakit kepala hebat, mual-mual, muntah, dan kejang-kejang. Setelah dilarikan ke rumah sakit, barulah diketahui penyebab dari kondisi tersebut, yakni puluhan telur cacing pita yang bersarang di otaknya.

Pusing dan Mual-Mual, Ternyata Ada 30 Telur Cacing Pita di Otak Pria Ini

Dilansir dari Dailymail, disebutkan bahwa keberadaan telur cacing pita inilah yang menyebabkan gejala hydrocephalus, kondisi dimana otak mengalami kelebihan cairan pada tubuh Wu. Bahkan, saat dipindai kepalanya dengan magnetic resonance imaging (MRI), terlihat jelas ada beberapa larva cacing yang bergerak-gerak.

Dr. Yan Ming, pakar kesehatan yang menangani kondisi Wu dari The Affiliated Hospital of Guizhou Medical University menyebutkan bahwa telur ini telah tersebar di beberapa bagian otak. Pakar kesehatan pun harus menangani Wu dengan sangat hati-hati agar telur-telur ini tidak sampai menetas. Jika sampai hal ini terjadi, cacing-cacing ini dikhawatirkan bisa menyebabkan kerusakan serius pada jaringan otak.

Dr. Yan Ming dan rekan-rekannya pun segera menjalani prosedur craniotomy agar bisa mengeluarkan telur-telur cacing ini dengan hati-hati dari kepala Wu.

Diduga, Wu terinfeksi cacing pita karena mengonsumsi daging babi yang sudah tercemar cacing tersebut yang sayangnya tidak benar-benar dimasak hingga matang. Saat ditanya soal hal ini, Wu mengaku memang pernah mengonsumsi daging mentah sebelumnya. Setelahnya, Ia sering mengalami sakit kepala yang sangat hebat dan mual-mual selama enam bulan sebelum akhirnya dilarikan ke rumah sakit.

Sobat Sehat pernah mengonsumsi daging mentah tidak? Kalau iya, jangan lagi mengonsumsinya demi mencegah datangnya infeksi cacing seperti yang dialami Wu.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi