Terbit: 9 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Lari adalah salah satu jenis olahraga harian yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dengan rutin berlari setiap hari, seseorang akan terhindar dari berbagai macam penyakit seperti obesitas, osteoporosis, gangguan mental, serta bisa mengurangi risiko jantung koroner.

Kaki Anda Gatal Saat Berlari atau Jogging? Ini Alasannya

Maka tak heran jika pakar kesehatan mengatakan olahraga lari merupakan olahraga terbaik yang bisa dilakukan setiap hari.

Jika Anda merupakan orang yang rutin melakukan olahraga lari, pastinya Anda pernah mengalami rasa gatal pada bagian tungkai kaki. Meskipun telah digaruk, tapi rasa gatal itu tetap tidak hilang dan seolah-olah berpindah tempat ke bagian kaki lainnya. Apa yang menyebabkan gatal tersebut datang?

Dilansir dari laman Popsugar, saat melakukan olahraga lari, tidak hanya detak jantung dan aliran darah yang terpacu, tapi ada organ lain yang turut dipacu. Dikatakan kalau jutaan kapiler dan arteri kecil di otot akan melebar dengan cepat saat melakukan olahraga lari. Pelebaran tersebut tentunya baik untuk melancarkan peredaran darah.

Namun, jika tubuh jarang berolahraga, maka kapiler cenderung menipis sehingga cukup sulit memompa darah ke seluruh bagian tubuh, khususnya kaki dan tangan. Hal ini menjadikan darah yang terpompa menjadi tidak maksimal.

Ketika kapiler melebar, saraf disekelilingnya terstimulasi dan mengirim pesan ke otak untuk melepas senyawa kimia yang bernama histamine. Perlu diketahui juga, histamine bersifat vasodilator yang artinya memperlebar pembuluh darah sehingga menciptakan sensasi gatal yang luar biasa.

Itulah yang mengakibatkan rasa gatal sering muncul ketika Anda jarang berolahraga, khususnya olahraga lari. Maka dari itu, membiasakan diri minimal 15 menit sehari untuk berolahraga adalah keputusan tepat agar kapiler dapat bekerja dengan baik sehingga peredaran darah pun akan stabil ke seluruh bagian tubuh.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi