Terbit: 1 February 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Hampir semua orang pasti mengalami masalah bau yang tidak sedap pada kaus kakinya setelah melepas sepatu. Biasanya, hal ini disebabkan oleh kondisi kaki yang lembab karena terus tertutup oleh sepatu seharian. Namun, sebenarnya penyebab dari munculnya masalah bau kaus kaki ini adalah sejenis bakteri.

Penyebab Tak Terduga Kaus Kaki Mudah Bau

Bakteri adalah mahluk mikroskopis bersel satu yang tidak akan bisa kita lihat dengan mata telanjang. Untuk mengetahui keberadaan bakteri ini, kita harus menggunakan mikroskop. Sebenarnya, di hampir semua tempat yang kita sentuh, ada bakteri yang bisa saja menyebabkan efek bagi kondisi kesehatan, salah satunya adalah dengan menyebabkan datangnya bau, termasuk bau pada kaus kaki.

Sebagaimana mahluk hidup lainnya, bakteri juga membutuhkan makanan agar bisa bertahan hidup. Hanya saja, apa yang dimakan oleh bakteri berbeda dari mahluk-mahluk pada umumnya, salah satunya adalah keringat yang dikeluarkan oleh tubuh, termasuk yang keluar dari kaki yang lembab karena selalu tertutup oleh kaus kaki dan sepatu dalam waktu yang lama. Saat mengkonsumsi keringat inilah bakteri akan melepas gas karbondioksida dan sulfur yang terkenal memiliki bau yang menyengat dan akhirnya membuat kaki sekaligus kaus kaki yang dipakai menjadi lebih berbau.

Meskipun secara umum tidak berbahaya bagi kesehatan, bau pada kaus kaki ini bisa cukup mengganggu. Karena alasan inilah ada baiknya kita rajin-rajin membersihkan kaki, termasuk setelah melepas sepatu. Saat mandi, jangan lupakan kebersihan kaki dan menyikat bagian jari, sela-selanya, hingga kuku sampai benar-benar bersih. Selain itu, pastikan untuk rajin-rajin mengganti dan mencuci kaus kaki dan tidak lagi memakai kaus kaki yang berada dalam kondisi basah.

Dengan melakukan berbagai hal tersebut, maka kita tidak akan mudah mengalami masalah bau kaki menyengat.


DokterSehat | © 2024 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi