Terbit: 8 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selama ini kita banyak mengenal HPV adalah salah satu virus yang banyak menginfeksi wanita. Virus ini menyebabkan kutil pada kemaluan dan memicu munculnya kanker pada serviks, mulut, dan tenggorokan.

Pentingnya Vaksin HPV untuk Remaja Pria

Selain pada wanita, virus HPV yang bisa bertahan lama dalam tubuh juga bisa menginfeksi pria. Itulah mengapa remaja pria yang belum aktif secara seksual disarankan untuk mendapatkan vaksin HPV sebelum terlambat.

Bahaya virus HPV
HPV adalah virus yang penyebarannya dalam tubuh berjalan dengan lambat dan jarang diketahui oleh banyak orang. Infeksi biasanya baru diketahui setelah memberikan dampak seperti munculnya kutil pada kelamin dan juga kanker pada beberapa bagian tubuh.

Remaja pria yang baru memasuki usia belasan tahun biasanya belum aktif secara seksual. Untuk itu, pencegahan penyakit berbahaya seperti HPV harus dilakukan. Menurut penelitian yang dilakukan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), vaksin pada remaja pria menghasilkan sistem imun yang baik.

Manfaat vaksinasi HPV
Seperti yang telah dibahas sebelumnya, vaksin ini bermanfaat untuk mencegah dua jenis penyakit yang disebabkan oleh HPV tipe 6, 11, 16, 18, 31, 33, 45, 52, dan 58. Vaksin yang digunakan biasanya berjenis Gardasil 9 dan Gardasil.

Pemberian vaksin pada remaja pria usia 10-12 tahun akan menurunkan risiko terkena kutil kelamin atau kanker di penis, mulut, dan tenggorokan. Meski remaja tidak secara langsung melakukan aktivitas seks, virus bisa menyebar melalui sentuhan dari siapa saja.

Efek vaksinasi HPV pada tubuh
Pemberian vaksin akan memberikan efek langsung pada tubuh sebagai bentuk pertahanan diri. Remaja pria yang divaksin Gardasil biasanya mengalami sakit pada area yang mendapatkan injeksi, demam, pusing, muntah, dan nyeri pada persendian dan kelompok otot tertentu.

Efek ini akan berjalan selama beberapa hari saja dan selanjutnya tubuh akan kembali sehat dan mendapatkan antibodi.

Kalau Anda punya remaja pria yang memasuki usia belasan tahun, jangan lupa untuk di vaksin HPV ya. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati loh!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi