Terbit: 2 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Banyak orang yang memilih untuk memakai mobil demi menembus kemacetan lalu lintas di kota besar karena bisa membuat mereka terhindar dari polusi udara.

Polusi Udara di dalam Mobil Lebih Banyak Ketimbang di Jalan, Ini Faktanya!

Hal yang berbeda terjadi jika kita memakai sepeda motor, sepeda, atau berjalan kaki yang tentu akan membuat tubuh terpapar langsung polusi udara yang berbahaya bagi kesehatan. Apakah pilihan ini memang lebih baik bagi kesehatan?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa dengan menutup rapat kaca mobil dan menyalakan pendingin udara, ternyata kadar polusi udara di dalam mobil tetap saja tinggi.

Bahkan, dalam sebuah penelitian, ada cukup banyak partikel berbahaya di dalam mobil. Hal ini berarti, meskipun kita tidak akan merasakan bau asap gas buang kendaraan, tetap saja memakai mobil saat menembus kemacetan bisa memberikan bahaya bagi kesehatan.

Tanpa kita sadari di dalam kabin mobil yang kita gunakan terdapat bahan kimia dalam konsentrasi tinggi yang bisa memicu stress oksidatif daan mengembangkan gangguan pernapasan, gangguan jantung, hingga menyebabkan penyakit neuro-degeneratif dan kanker.

Michael Bergin, pakar kesehatan dari Duke University, North Carolina, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa meskipun di dalam mobil yang tertutup, kita tetap saja akan terpapar polusi udara dua kali lipat lebih banyak jika berkendara di jam macet.

Dalam penelitiannya yang kemudian dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Atmospheric Environment ini, disebutkan bahwa polutan ini bisa merusak sel-sel dan DNA sehat pada tubuh.

Penelitian yang melibatkan pengguna 30 mobil yang berbeda-beda di Atlanta, Amerika Serikat ini dilakukan dengan cara meletakkan alat khusus yang bisa mendeteksi kondisi udara di dalam mobil yang tertutup rapat saat melaju di jam sibuk.

Apa hasilnya? polusi udara di dalam mobil justru dua kali lebih banyak dari yang kita terima saat berdiri atau berjalan di pinggir jalan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tetap memakai masker saat menyetir mobil saat jam macet demi menurunkan paparan polusi udara.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi