Terbit: 31 August 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Penyebab munculnya uban biasanya karena usia yang sudah menua, tetapi kini semakin banyak orang di usia muda juga mengalaminya. Lantas, apa yang menyebabkan rambut beruban di usia muda? Yuk, selengkapnya cari tahu dalam penjelasan di bawah ini!

Muncul Uban di Usia Muda? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab Uban di Usia Muda

Uban adalah rambut putih yang muncul karena folikel rambut kehilangan sel pigmen seiring bertambahnya usia dan hal ini adalah sesuatu yang normal. Namun, uban di usia muda dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi tertentu yang patut Anda waspadai.

Berikut ini sejumlah penyebab uban di usia muda, di antaranya:

1. Genetik

Menurut sebuah studi yang diterbitkan di Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology, apabila Anda memiliki rambut putih di usia muda, kemungkinan orang tua atau kakek-nenek Anda juga memiliki riwayat rambut beruban atau putih pada usia dini.

Ras dan etnis juga juga terkait dengan uban di usia dini. Misalnya, uban prematur pada orang kulit putih dapat dimulai usia 20 tahun, sementara itu usia 25 tahun di terjadi antara orang Asia, dan 30 tahun pada populasi Afrika-Amerika.

2. Kekurangan Vitamin Tertentu

Tubuh kekurangan vitamin tertentu seperti vitamin B6, vitamin B12, biotin, vitamin D, atau vitamin E, dapat menjadi salah satu penyebab munculnya uban di usia muda.

Kekurangan vitamin D3, vitamin B12, dan tembaga diyakini dapat mengurangi sel pigmen yang memberi warna pada rambut.

Rendahnya kadar feritin serum (cadangan besi tubuh), vitamin B12, dan kolesterol baik (HDL), juga dapat membuat rambut beruban di usia muda.

3. Stres

Sebuah penelitian mengungkapkan, sel-sel yang memberi warna pada rambut dapat berkurang ketika seseorang mengalami stres.

Penelitian lainnya mengungkapkan, adanya kaitan antara stres dan penipisan sel induk di folikel rambut yang menyebabkan rambut beruban. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Selain stres kronis, stres oksidatif dalam tubuh dapat menyebabkan rambut beruban di usia muda. Kondisi ini menyebabkan antioksidan tidak cukup untuk melawan efek merusak dari radikal bebas  yang merupakan penyebab penuaan dini dan penyakit.

Terlalu banyak mengalami stres oksidatif dapat meningkatkan perkembangan penyakit, termasuk vitiligo, kondisi yang membuat rambut memutih karena kematian sel melanin atau hilangnya fungsi sel.

4. Gangguan Tiroid

Perubahan hormonal yang terjadi akibat masalah tiroid (seperti hipertiroidisme atau hipotiroidisme) mungkin juga menyebabkan rambut beruban di usia muda.

Tiroid adalah kelenjar yang terletak di pangkal leher; yang membantu mengontrol banyak fungsi tubuh. Kesehatan tiroid juga dapat memengaruhi warna rambut. Tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit melanin.

Baca Juga: Anatomi dan Fungsi Akar Rambut pada Kulit Manusia

5. Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun juga dapat menyebabkan rambut putih prematur. Autoimun adalah penyakit yang mengakibatkan sistem kekebalan tubuh menyerang selnya sendiri. Dalam kasus alopecia, sistem kekebalan tubuh dapat menyerang rambut dan menyebabkan hilangnya pigmen yang memberi warna rambut.

Alopecia areata adalah suatu kondisi yang disebabkan penyakit autoimun yang memicu kerontokan rambut di kulit kepala, wajah, dan bagian tubuh lainnya. Ketika kembali tumbuh, rambut cenderung menjadi putih karena kekurangan melanin.

6. Pewarna Rambut Kimia dan Produk Rambut

Banyak dari produk perawatan rambut mengandung bahan berbahaya yang mengurangi kadar melanin.

Hidrogen peroksida yang terkandung dalam berbagai pewarna rambut adalah salah satunya. Penggunaan produk pemutih rambut yang berlebihan juga akan menyebabkannya rambut memutih.

7. Merokok

Meski jantung dan paru-paru adalah organ yang paling berpengaruh, efek jangka panjangnya, merokok juga dapat memengaruhi kesehatan rambut.

Merokok diketahui dapat menyempitkan pembuluh darah, yang mengurangi aliran darah ke folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok. Selain itu, racun dalam rokok bisa merusak bagian tubuh, termasuk folikel rambut yang menyebabkan rambut putih ketika usia muda.

Baca Juga: 20 Cara Menghilangkan Uban Secara Alami

Cara Menghilangkan Uban di Usia Muda

Rambut beruban di usia muda sering kali memengaruhi rasa percaya diri. Oleh karena itu, penanganan diperlukan untuk mengembalikan kepercayaan diri Anda.

Berikut ini adalah beragam cara mengatasi rambut uban di usia muda, di antaranya:

1. Memenuhi Asupan Cairan Tubuh

Pastikan untuk memenuhi kebutuhan air putih setidaknya dua liter per hari demi menjaga keseimbangan cairan tubuh, metabolisme, dan hormon.

Selain itu, kurangi asupan minuman berkafein dan alkohol. Ada dugaan bahwa terlalu banyak minum tersebut dapat menyebabkan rambut beruban.

2. Rajin Berolahraga

Olahraga akan meningkatkan sirkulasi darah; termasuk yang menuju ke kepala dan folikel rambut. Hal ini akan membuat rambut mendapatkan nutrisi dan oksigen dengan cukup sehingga kesehatan rambut terjaga dan tidak akan mudah beruban.

3. Istirahat yang Cukup

Stres pikiran dan peradangan pada tubuh dapat menyebabkan rambut beruban. Untuk mengatasinya, pastikan mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malam.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa hal yang menyenangkan demi mengatasi stres, seperti piknik, bersantai, atau sekadar melakukan hobi yang disukai.

4. Pola Makan Sehat

Konsumsilah makanan yang tinggi kandungan asam lemak omega-3 dan vitamin B12 seperti daging ikan, keju, telur, pisang, dan daging ayam.

Selain itu, pastikan untuk menurunkan asupan lemak tidak sehat yang berasal dari makanan cepat saji atau gorengan.

5. Jangan Mencabut Uban

Mencabut uban hanya akan membuat akar rambut mengalami kerusakan dan akhirnya mengganggu fungsi saraf dan folikel rambut. Kerusakan folikel rambut dapat memengeruhi kesehatan sel pigmen yang memberikan warna hitam pada rambut.

Nah, demikianlah penjelasan tentang berbagai penyebab uban di usia muda yang perlu Anda waspadai! Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Barhum, Lana. 2020. What you should know about white hair. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320288. (Diakses pada 31 Agustus 2022)
  2. Higuera, Valencia. 2018. What Causes White Hair?. https://www.healthline.com/health/white-hair. (Diakses pada 31 Agustus 2022)
  3. Weintraub, Karen. 2017. Why Does Hair Turn Gray at a Young Age. nytimes.com/2017/06/09/well/live/why-does-hair-turn-gray-at-a-young-age.html. (Diakses pada 18 November 2019).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi