Terbit: 2 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat tubuh merasa lelah, kita memang akan mudah merasakan kantuk di berbagai tempat. Hanya saja, jika kita memang cenderung mudah mengantuk tanpa mengenal waktu atau tempat, ada baiknya kita mewaspadai kemungkinan tanda-tanda dari penyakit Alzheimer.

Mudah Mengantuk di Berbagai Tempat, Waspada Risiko Terkena Alzheimer

Sebagai informasi, Alzheimer adalah salah satu penyakit yang kerap menyerang mereka yang sudah berusia lanjut dan ditandai dengan mudah lupa atau yang kerap kita sebut sebagi pikun. Menurut pakar kesehatan Dr. Yo-El Ju yang berasal dari Washington University, Amerika Serikat, mereka yang mengalami Alzheimer memiliki ciri-ciri unik berupa cenderung kurang aktif dan bisa saja tidur dalam berbagai kesempatan di siang hari namun saat malam hari cenderung lebih sering terjaga.

Dalam sebuah penelitian, terdapat 189 orang dewasa dengan usia lebih dari 66 tahun dengan kondisi kognitif otak yang normal. Para partisipan ini kemudian diamati kebiasaan tidurnya selama 1 hingga 2 minggu dengan memakai peralatan khusus semacam fitness tracker yang ditempatkan di lengan. Selain itu, para peneliti juga menggunakan scan PET pada para partisipan untuk mengetahui apakah ada plak amyloid pada otak para partisipan untuk mengetahui adanya risiko terkena Alzheimer. Hasilnya adalah, mereka yang mudah mengantuk di siang hari namun kerap mengalami gangguan tidur di malam hari memiliki plak amyloid dalam jumlah yang memungkinkan untuk meningkatkan risiko Alzheimer.

Hanya saja, hanya 50 partisipan yang mengalami pola tidur yang tidak normal tersebut. Sisa 139 partisipan lainnya tidak mengalami hal yang sama meskipun juga memiliki plak amyloid di otaknya.

Dr. Ju menyebutkan bahwa bukannya kurang tidur, para peneliti lebih menekankan terganggunya pola tidur seseorang yang berkaitan dengan resiko Alzheimer. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita mewaspadai kebiasaan mudah mengantuk atau tertidur di sembarangan tempat dan segera melakukan gaya hidup yang sehat demi mencegah datangnya masalah kesehatan ini.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi