Terbit: 21 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Tidak semua orang menggunakan waktu di akhir pekan untuk berolahraga. Ada yang memilih untuk hanya bermalas-malasan dan tiduran saja di atas kasur. Biasanya, alasan untuk melakukannya adalah badan yang terasa sangat letih sehingga hanya ingin beristirahat saja. Meskipun terlihat tidak produktif, pakar kesehatan menyebutkan bahwa tiduran saja di akhir pekan ternyata juga ada manfaatnya bagi kesehatan.

Meski Terlihat Malas, Tiduran Saja di Akhir Pekan Ada Manfaatnya Lho

Fakta ini terungkap dari penelitian yang dilakukan di Stockholm University, Swedia yang mempelajari pengaruh dari durasi tidur dan usia bagi harapan hidup seseorang. Dalam penelitian yang melibatkan data dari 43 ribu orang ini, disebutkan bahwa harapan hidup dan kondisi kesehatan seseorang dengan usia 65 tahun atau di bawahnya sangatlah dipengaruhi oleh durasi tidur. Jika kita tidur dengan durasi rata-rata 5 jam saja atau terbiasa tidur lebih dari 8 jam dalam semalam, kita justru akan lebih beresiko mengalami kematian dini.

Torbjorn Akerstedt, salah seorang peneliti yang terlibat menyebutkan bahwa meskipun terlihat tidak berkaitan, menambah waktu tidur di akhir pekan ternyata bisa mengimbangi kurangnya waktu tidur di hari kerja dan hal ini ternyata bisa memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Memang, ada baiknya kita tidak berlebihan saat tidur, namun, dengan beristirahat lebih banyak di akhir pekan, tubuh justru akan mendapatkan waktu istirahat yang sebelumnya tidak dilakukan dengan cukup.

Melihat adanya fakta ini, tidak apa-apa jika kita bangun lebih siang atau hanya malas-malasan saja dan tiduran di pagi saat akhir pekan. Namun, saat tubuh sudah lebih enakan di sore hari nantinya, tidak ada salahnya untuk berolahraga agar tubuh bisa menjadi semakin bugar.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi