Terbit: 26 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Coba Anda ingat-ingat kembali kapan terakhir kali menulis dengan tangan? Adanya gadget seperti laptop, ponsel, atau tablet memang akan membuat kita lebih sering memakai peralatan modern tersebut untuk menulis alih-alih menulis dengan tangan. Padahal, menurut pakar kesehatan, menulis dengan tangan jauh lebih menyehatkan bagi otak dibandingkan dengan mengetik.

Meski Terbiasa Mengetik, Jangan Lupa Menulis Langsung Dengan Tangan Agar Lebih Sehat

Fakta ini terungkap dari sebuah penelitian yang dilakukan di Indiana University, Amerika Serikat. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa menulis dengan tangan akan membuat kita lebih kreatif dan menenangkan pikiran. Dengan melakukannya, maka sel-sel saraf di dalam otak akan mengalami peningkatan aktifitas. Bahkan, efek dari menulis dengan tangan ini mirip dengan meditasi sehingga akan membuat daya ingat semakin tajam dan kemampuan mencerna informasi menjadi lebih baik. Hal ini ternyata juga akan membantu kita berpikir dengan lebih baik dan belajar hal-hal baru, termasuk bahasa.

Dengan menulis menggunakan tangan, kita bisa lebih menikmati berbagai momen dalam hidup. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang hanya akan berkonsentrasi pada gerakan tangan kita saat menulis sehingga kita pun bisa benar-benar berkonsentrasi dengan lebih baik.

Robert Stone, salah seorang pemenang National Book Award, menyebut menulis dengan tangan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan mengetik memakai komputer karena membuat kita berpikir dengan lebih jernih. Bahkan, efek relaksasi yang didapatkan dari menulis dengan tangan akan membuat kita berimajinasi dengan lebih baik dan meningkatkan semangat dalam menggapai tujuan atau cita-cita.

Melihat adanya fakta ini, jangan lupa untuk menyempatkan waktu menulis dengan tangan meskipun yang ditulis adalah buku harian yang menyimpan cerita tentang kehidupan sehari-hari karena bisa membuat otak kita menjadi lebih sehat.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi