Terbit: 8 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Hanya gara-gara makan siput karena memenuhi tantangan dari teman-temannya, Sam Ballard dari Australia ini akhirnya koma dan kemudian lumpuh. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Menerima Tantangan Makan Siput, Remaja Ini Lumpuh

Photo Source: Standard.co.uk

Dikutip dari Standard.co.uk, kejadian memilukan ini terjadi pada 2010 lalu. Saat itu, Sam sedang bermain tantangan dengan teman-temannya dan menelan siput dekat dengan tempat mereka berada. Yang tidak Ia ketahui adalah, siput ini mengandung cacing parasit bernama Angiostrongylus Cantonensis. Di fase awal kehidupannya, cacing ini memang bisa ditemukan pada siput atau keong.

Setelah menelannya, Sam langsung jatuh sakit dan mengalami infeksi serius pada otak. Selama 420 hari atau lebih dari setahun, Sam mengalami koma dan lumpuh dari leher ke bawah. Tiga tahun setelah kejadian ini, barulah Ia bisa pulang dari rumah sakit.

Katie Ballard, ibunda Sam, mengaku hatinya hancur melihat kondisi anaknya, apalagi saat mengingat penyebabnya yang sangat konyol. Kini, Sam juga masih makan dengan memakai selang dan harus diperhatikan keluarganya terus-menerus karena bisa mengalami kejang-kejang parah sewaktu-waktu.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Badan Pencegah dan Pengendalian Penyakit dari Amerika Serikat menyebut infeksi cacing Angiostorngylus Cantonesis seringkali terjadi pada orang-orang yang suka makan siput, keong, kepiting, atau udang yang tidak benar-benar dimasak hingga matang. Kasus yang dialami Sam sangatlah jarang terjadi karena biasanya infeksi cacing parasit ini hanya akan menyebabkan gejala demam parah, sakit kepala, kaku pada leher, mual-mual, dan muntah. Selain itu, cacing ini juga biasanya akan mati dengan sendirinya di dalam tubuh tanpa diobati sama sekali.

Melihat adanya fakta ini, Sobat Sehat sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi siput atau keong ya? Apalagi yang tidak dimasak. Bisa berbahaya!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi