Terbit: 6 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Sebagian besar rumah tangga hanya mengandalkan pria untuk bekerja.  Setiap hari pria akan pergi ke kantor untuk bekerja dan mencukupi kebutuhan rumah tangga. Sayangnya, apa yang dilakukan oleh suami ini kerap tidak diapresiasi oleh wanita yang menjadi istrinya. Dampaknya, pria jadi tidak betah di rumah.

Masalah yang Membuat Pria Tidak Betah di Rumah

Selain karena tidak ada apresiasi, pria jadi tidak betah di rumah karena beberapa hal di bawah ini.

1. Istri banyak menuntut
Sebenarnya yang diinginkan suami hanyalah sederhana, setelah pulang kerja mereka disambut dengan baik dan dibuatkan air hangat untuk mandi. Selebihnya, mereka tidak menginginkan apa-apa kecuali mengobrol dengan istri sambil makan malam sebelum beristirahat.

Sayangnya istri kerap mengomel begitu suami datang, jika ada masalah istri tidak memberikan suami kesempatan untuk menjelaskan. Saat di rumah istri juga menuntut suami harus bekerja lebih ekstra agar bisa beli ini dan itu.

Sebenarnya menuntut hal yang wajar, toh untuk kebaikan bersama. Namun, harus dilakukan dengan cara yang benar. Kalau istri menuntut terlalu keras sementara suami kecapaian, yang akan terjadi selanjutnya adalah pertengkaran.

2. Istri ingin selalu dimengerti
Wanita memang harus dimengerti, tapi bukan berarti mereka tidak mengetahui keadaan dari suami, kan? Kalau istri sudah tidak acuh dengan keadaan suami, keharmonisan rumah tangga akan terganggu. Suami tidak akan betah di rumah sementara istri terus ingin mendapat perhatian ekstra apa pun keadaan dari pasangannya.

3. Meributkan pekerjaan rumah tangga
Pekerjaan yang dilakukan oleh wanita di rumah bisa jadi banyak dan membuat mereka capai. Belum lagi kalau memiliki anak masih kecil yang kerap rewel. Meski istri capai, mereka tidak boleh langsung marah-marah dan mempermasalahkan pekerjaan rumah tangga.

Suami juga capai saat bekerja, kalau langsung disambut dengan dingin, mereka juga malas pulang. Lebih baik membicarakan pekerjaan rumah tangga dengan hangat, mungkin sambil ngeteh. Dengan begini, solusi terbaik bisa didapatkan alih-alih membuat suasana jadi tegang.

Mari saling memahami satu sama lain agar friksi yang tidak diperlukan bisa dihindari.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi