Terbit: 19 Mei 2018 | Diperbarui: 23 Mei 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Karena tidak makan dan minum seharian, banyak orang yang memilih untuk selalu menyempatkan diri melakukan tidur siang saat menjalankan ibadah puasa. Dengan melakukannya, diharapkan energi tubuh bisa dihemat sehingga tetap bisa menjalankan aktivitas dengan lancar hingga waktu berbuka tiba.

Manfaat Tak Terduga Tidur Siang Saat Berpuasa

Sudah menjadi rahasia umum jika tidur siang bisa membuat tubuh seperti kembali mendapatkan energinya sekaligus membuat pikiran menjadi lebih fokus. Bahkan, dengan melakukannya saat beribadah puasa, maka hal ini juga bisa membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat.

Karena tidak ada makanan atau minuman apapun yang masuk ke dalam tubuh, maka saluran pencernaan pun memiliki kesempatan untuk membersihkan diri dan meregenerasi sel-sel di dalamnya. Tak hanya itu, saluran pencernaan juga memiliki kesempatan untuk mengeluarkan gas saat melakukan istirahat siang. Hal ini berpengaruh besar pada rasa lebih nyaman pada perut meskipun kita tidak mengonsumsi apapun seharian.

Tidur siang saat menjalani ibadah puasa ternyata juga bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Hal ini akan berimbas pada tubuh yang tidak mudah terkena stres, kelelahan, depresi, dan berbagai masalah pencernaan. Meningkatnya sistem metabolisme juga berimbas pada kemampuan penyerapan nutrisi makanan saat sahur atau berbuka yang jauh lebih baik.

Hanya saja, bukan berarti kita bisa bermalas-malasan atau tidur siang hingga berkali-kali saat menjalani ibadah puasa. Jika kita melakukannya, tubuh justru akan menjadi lebih lemas dan kurang bertenaga. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidur siang sekitar 15 menit hingga 1 jam agar tubuh tetap bugar dan sehat.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi