Terbit: 28 Maret 2022 | Diperbarui: 5 April 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Tarragon atau disebut dragon’s-wort adalah tanaman herbal yang biasa digunakan dalam masakan di beberapa negara Eropa. Tidak hanya sebagai bumbu masakan, tanaman beraroma harum ini bermanfaat untuk mengobati sejumlah kondisi kesehatan. Yuk, simak kandungan nutrisi dan manfaat lainnya di bawah ini!

10 Manfaat Daun Tarragon untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi Tarragon

Tarragon adalah tanaman herbal yang biasa digunakan dalam masakan Prancis dan Inggris. Tanaman ini memiliki berbagai jenis tetapi masing-masingnya adalah anggota keluarga Compositae atau Asteraceae (bunga matahari) yang beraroma harum khas seperti licorice, adas manis, lemon, dan basil.

Dua sendok makan dragon’s-wort mentah segar memiliki sekitar 5 kalori. Sedangkan satu sendok makan  yang digiling mengandung sekitar 14 kalori, 1 gram protein,  lemak kurang dari 1 gram, dan 2,5 gram karbohidrat.

Tarragon mengandung beberapa vitamin berikut ini:

  • Vitamin A (4% dari asupan harian yang direkomendasikan).
  • Vitamin C (4%).
  • Vitamin B6 (6%).
  • Folat (3%).

Mineral yang terkandung di dalamnya, termasuk:

  • Kalsium (54,7 mg).
  • Zat besi (1,5 mg).
  • Magnesium (16,7 mg).
  • Fosfor (15 mg).
  • Kalium (145 mg).

Tanaman ini juga mengandung sedikit natrium, zinc, mangan, dan selenium.

Manfaat Tarragon bagi Kesehatan

Tarragon adalah tanaman yang memiliki beberapa jenis, salah satu jenis yang terbaik berasal dari Prancis dan biasa digunakan untuk bumbu dapur. Terlepas dari kegunaan untuk kuliner, tanaman herbal ini juga memiliki beberapa khasiat obat yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.

Berikut ini manfaat tarragon untuk kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Tarragon secara tradisional biasa digunakan sebagai tonik pencernaan. Hal itulah yang membuat tanaman ini dapat meningkatkan produksi empedu hati yang sangat penting bagi pencernaan yang efisien.

Mengonsumsi atau meminumnya sebagai teh dapat membantu menenangkan perut dan meredakan berbagai gejala yang berhubungan dengan masalah pencernaan. Ini termasuk gas, kembung, dispepsia, iritasi lambung, dan mengobati parasit usus.

2. Sifat antioksidan

Seperti tanaman dan tumbuhan lainnya, dragon’s-wort memiliki sifat antioksidan yang sangat bagus. Penting untuk memanfaatkan antioksidan alam karena dapat membantu menjaga tubuh tetap bekerja dengan baik.

Manfaat antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan menetralisir efeknya. Maka dari itu, antioksidan membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit serius dan membantu mencegah penuaan.

3. Bagus untuk kulit

Tarragon juga bisa digunakan untuk membersihkan kulit. Residu yang didapatkan dari daunnya yang disuling dan diuap adalah antioksidan yang luar biasa dan membersihkan kotoran dari kulit.

Daunnya yang dihancurkan atau digiling dapat dicampur dalam pembuatan sabun mandi. Kandungan potasium di dalamnya dapat membantu menghancurkan kuman dan bakteri.

4. Menjaga kesehatan hati

Antioksidan yang terkandung dalam tanaman ini juga bisa membantu menjaga organ terpenting tubuh berfungsi dengan baik, salah satunya adalah sistem kardiovaskular. Efek lanjutan yang bisa didapatkan adalah mencegah stroke dan serangan jantung yang merupakan dua penyakit paling mematikan di dunia.

5. Meningkatkan nafsu makan

Dragon’s-wort sering kali dikonsumsi untuk meningkatkan nafsu makan, sehingga sangat membantu bagi orang yang baru sembuh dari sakit atau menjalani pengobatan.

Manfaat tanaman herbal ini dapat digunakan sebagai bumbu masakan untuk meningkatkan nafsu makan, dan kebanyakan orang menemukan bahwa minyak atsirinya memiliki efek yang sama.

Baca Juga: 9 Manfaat Licorice bagi Kesehatan, Mitos atau Fakta?

6. Sebagai obat penenang

Dragon’s-wort juga bisa dijadikan sebagai obat penenang ringan (sedatif). Meski begitu, cara kerja tanaman ini memberikan hasil yang berbeda pada sietiap orang.

Namun, minum secangkir teh daun dari tanaman ini dipercaya dapat menenangkan saraf. Mungkin juga membantu tidur nyenyak di malah hari apabila  menderita insomnia.

7. Membangun otot

Menurut penelitian terbaru menunjukkan bahwa varietas tarragon Rusia bisa membantu membangun otot dan memperbaiki komposisi tubuh.

Riset yang diterbitkan di tahun 2014 mendukung beberapa penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa tanaman ini membantu meningkatkan penyerapan kreatin di otot. Ini merupakan efek serupa dengan penyerapan yang terjadi ketika orang makan banyak karbohidrat.

8. Menyehatkan mata

Tarragon sebagai sumber beta karoten yang dikenal sangat penting untuk fungsi mata yang sehat. Beta karoten adalah provitamin A karotenoid atau nutrisi yang diubah tubuh menjadi vitamin A.

Makan makanan yang kaya karotenoid, termasuk beta karoten, membantu menyehatkan mata dan mencegah penyakit mata. Orang dengan kadar karotenoid tinggi dalam darah bisa mengurangi risiko degenerasi makula.

9. Mengatasi masalah menstruasi

Tarragon memiliki sifat emmenagogue dan dapat menjadi obat alami yang berkhasiat mengontrol siklus menstruasi yang tidak teratur atau tertahan, serta mengurangi nyeri menstruasi.

Tanaman ini juga telah digunakan oleh wanita untuk menjaga kesehatan reproduksi secara keseluruhan. Ini karena potensinya untuk merangsang menstruasi, makan dari itu ibu hamil tidak dianjurkan menggunakannya dalam dosis besar.

Baca Juga: 15 Manfaat Daun Thyme untuk Kesehatan, Kandungan Nutrisi, dan Efek Samping

10. Mengobati sakit gigi

Tarragon adalah obat alami yang sangat bagus untuk sakit gigi yang sangat menyakitkan. Tanaman herbal ini terbukti dapat mengobati sakit gigi sejak zaman Yunani kuno karena memiliki kemampuan untuk meredakan rasa sakit. Orang pada masa itu mengunyah daunnya untuk meredakan rasa sakit.

Kualitas penghilang rasa sakitnya karena tingginya kada eugenol yang ada dalam ramuan tersebut. Eugenol adalah senyawa juga ditemukan dalam minyak cengkeh dan merupakan alasan mengapa cengkeh menjadi obat yang populer untuk sakit gigi.

Nah, itulah manfaat tarragon yang dapat membantu mengobati dan mencegah sejumlah penyakit. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2021. 9 Proven Benefits Of Tarragon. https://www.kayawell.com/Food/9-Proven-Benefits-of-Tarragon-digestive-and-intestinal-heart-disease . Diakses pada 28 Maret 2022)
  2. Anonim. 2020. Health Benefits of Beta Carotene. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-beta-carotene. (Diakses pada 28 Maret 2022)
  3. Frey, Malia. 2021. The Health Benefits of Tarragon. https://www.verywellfit.com/tarragon-benefits-side-effects-and-preparations-4179022. (Diakses pada 28 Maret 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi