Terbit: 5 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda pernah memerhatikan label yang ada pada makanan kemasan? Ya, pada label tersebut tercantum misalnya organik, bebas gula, dan alami. Nah, untuk istilah alami, kira-kira apa artinya?

Label “Alami” pada Makanan Kemasan, Tak Berarti Bebas Bahan Kimia

Makna Label Alami pada Produk Kemasan

Label “alami” atau “natural” umum pada berbagai produk kemasan. Kadang tidak jarang pula kita melihat label tersebut pada bahan makanan yang telah mengalami pengolahan atau penambahan bahan tambahan pangan. Namun tetap ada klaim “alami” pada kemasan.

Menurut Academy of Nutrition and Dietitian penggunaan label “Alami” pada bahan makanan tidak memiliki suatu definisi khusus. Namun, dengan semakin berkembangnya penggunaan label tersebut pada banyak bahan makanan, penggunaannya menjadi perhatian khusus.

United States Food and Drug Administration (USDA) menyebutkan, label “Alami” pada bahan makanan diartikan sebagai bahan makanan yang tidak mendapatkan penambahan bahan pangan artifisial atau sintetis, termasuk penambahan bahan kimia seperti pewarna makanan. Bahan pangan tersebut tidak ditambahkan pada saat proses pembuatan atau setelah bahan makanan jadi.

Jadi, yang dimaksud alami adalah pada proses pembuatan bahan baku suatu makanan, tidak ditambahkan bahan pangan sintetis lain. Bukan bahan bakunya yang alami.

Label Alami Bukan Berarti Bahan Baku Bebas Kimia

Beberapa konsumen mengira bahwa label alami berarti makanan tersebut berasal dari bahan baku alami. Meski tidak menutup kemungkinan bahwa bahan baku yang digunakan memang benar alami. Namun, label alami tidak bisa menunjukkan bahwa bahan baku produk tersebut bebas dari penggunaan bahan kimia.

Untuk meluruskan hal ini, USDA mengeluarkan ketentuan bahwa penggunaan label alami harus disertai dengan keterangan tambahan seperti, “Tanpa penambahan warna” atau “Tanpa penambahan rasa”.

Nah, ternyata label makanan alami tidak selalu terbuat dari bahan baku alami. Akan tetapi, tidak adanya penambahan bahan sintetis dalam makanan kemasan tersebut yang menyebabkan produk itu dikategorikan alami.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi