Terbit: 28 August 2018 | Diperbarui: 31 May 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Entah siapa yang memulai ide gila ini, namun kini semakin banyak orang yang tertarik untuk meminum kapsul glitter. Tujuan dari mengonsumsi pil ini adalah agar kotoran yang dikeluarkan saat buang air besar bisa berkilauan dan membuatnya tidak begitu terlihat menjijikkan.

Minum Ini, Kotoran Manusia Jadi Bisa Berkilauan

Dilansir dari Boldsky, kapsul glitter ini diproduksi oleh sebuah perusahaan yang ada di negara bagian Ohio, Amerika Serikat. Sebagai informasi, glitter sebenarnya diproduksi bukan untuk dikonsumsi oleh manusia, melainkan untuk dijadikan bahan dekorasi saja, namun karena bisa membuat berbagai benda berkilauan, ada orang yang terpikir untuk membuat kotoran menjadi berkilauan sehingga terlihat lebih menarik dan tidak begitu jorok dengan menggunakan benda ini.

Sebuah pertanyaan pun kemudian muncul, jika awalnya glitter hanya ditujukan untuk bahan dekorasi, apakah kapsul glitter aman untuk dikonsumsi? Pakar kesehatan menyebut kapsul ini ternyata tidak disarankan untuk dikonsumsi karena adanya kemungkinan kandungan dari glitter bisa mempengaruhi sistem pencernaan atau bahkan keseimbangan hormon di dalam tubuh. Bahan kimia dan mikroplastik dari glitter juga diduga bisa meningkatkan risiko kanker.

Hanya saja, ada beberapa jenis glitter yang memang sudah diperuntukkan untuk dikonsumsi. Karena alasan inilah ada beberapa makanan yang memang disajikan dengan tambahan glitter sebagai bagian toppingnya. Glitter ini terbuat dari gula, tepung jagung, pewarna makanan, dan bahan maltodekstrin. Hanya saja, belum jelas apakah glitter yang aman untuk dikonsumsi juga akan membuat kotoran bisa berkilauan atau tidak.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak mudah tertarik untuk mengonsumsi kapsul glitter hanya karena ingin melihat kotoran menjadi berkilauan. Bisa jadi kapsul ini berbahaya bagi kesehatan.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi