Terbit: 25 Februari 2018 | Diperbarui: 26 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami oleh mereka yang menerapkan pola makan yang buruk adalah radang usus. Yang menjadi masalah adalah, banyak orang yang tidak sadar jika di dalam perutnya sudah mengalami masalah kesehatan tersebut. Ada banyak sekali gejala yang disebabkan oleh radang usus yang patut kita waspadai seperti sebagai berikut.

Kondisi Tubuh Seperti Ini? Waspada Radang Usus

Diare parah
Diare adalah gejala awal dari peradangan usus yang sudah kronis. Kondisi ini akan membuat diare berlangsung dalam waktu yang lama dan cukup parah. Meskipun kita sudah berusaha untuk mengatasinya dengan minum obat diare, tetap saja masalah kesehatan ini terus berlangsung.

Demam parah
Tak hanya diare yang parah, penderita radang usus juga cenderung akan mengalami demam parah. Selain itu, penderitanya juga akan merasakan kelelahan yang luar biasa.

Kram perut
Terjadinya peradangan di usus juga bisa memicu kram perut. Banyak penderita radang usus yang ternyata juga mengalami perut kembung yang cukup parah.

Penurunan nafsu makan yang drastis
Karena di dalam saluran pencernaan terjadi peradangan, maka hal ini akan membuat nafsu makan menurun drastis. Jika kita mengkonsumsi makanan, maka perut akan terasa tidak nyaman sehingga keinginan untuk makan pun semakin menurun.

Penurunan berat badan yang drastis
Selain penurunan nafsu makan, penderita radang usus juga cenderung mengalami penurunan berat badan secara drastis. Hal ini disebabkan oleh menurunnya nafsu makan dan diare yang parah. Meskipun terlihat menyenangkan karena berat badan kita turun, tubuh akan terasa lemas dan tidak bugar akibat hal ini.

Adanya darah di kotoran
Cukup banyak penderita radang usus yang menemukan darah pada kotoran saat buang air besar. Biasanya, kondisi ini sudah menandakan peradangan usus yang sudah kronis.

Jika gejala-gejala ini sudah muncul pada tubuh, segera periksakan kondisi kesehatan ke dokter agar masalah radang usus bisa disembuhkan dan tidak menjadi semakin parah.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi