Terbit: 8 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Michigan State University, Amerika Serikat menyebutkan bahwa ruangan kerja yang cenderung redup atau kurang pencahayaan bisa menurunkan fungsi kognitif otak dengan signifikan. Bahkan, bekerja di ruangan tersebut dalam waktu yang lama bisa mengubah struktur otak sekaligus menghambat kemampuan otak dalam belajar dan mengingat.

Kondisi Ruang Kerja Seperti Ini Bisa Membuat Otak Bodoh, Lho!

Dalam penelitian yang melibatkan tikus percobaan yang selama empat pekan ditempatkan di dalam ruangan dengan paparan cahaya redup terus-menerus, diketahui bahwa produksi zat kimia di dalam otak yang menjaga kesehatan koneksi otak terus menurun. Hal ini ternyata menurunkan kemampuan menyerap informasi dan memori. Pada tikus-tikus tersebut, efeknya mirip dengan orang yang kebingungan untuk mencari sepeda motor atau mobilnya di tempat parkir yang luas setelah beberapa jam berbelanja.

Joel Soler, pemimpin penelitian ini, menyebutkan bahwa otak para tikus yang terpapar cahaya redup terus-menerus ini kehilangan 30 persen kapasitas bagian hippocampusnya. Padahal, bagian inilah yang memiliki peran besar bagi daya memori, kemampuan belajar, dan regulasi emosi. Hal yang sebaliknya terjadi pada tikus yang terus terpapar cahaya yang terang seperti cahaya siang hari yang justru mengalami peningkatan kemampuan belajar dan daya ingat.

Profesor Toni Nunez yang terlibat dalam penelitian ini menyebutkan bahwa paparan cahaya redup mampu menurunkan produksi zat neurotropika di dalam otak, semacam peptida yang menjaga koneksi dan kesehatan neuron yang ada dalam hippocampus otak. Tanpa adanya peptida ini, maka kemampuan neuron untuk berkomunikasi menurun dan akhirnya menurunkan kecerdasan otak dengan signifikan.

Penelitian yang kemudian dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Hippocampus ini pun kemudian menghasilkan kesimpulan dimana ada baiknya setiap tempat kerja dikondisikan agar selalu mendapatkan pencahayaan yang baik, baik itu dengan memiliki jendela yang cukup besar sehingga cahaya matahari bisa memasuki dalam ruangan atau memakai lampu yang cukup terang.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi