Terbit: 12 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jangan salah, payudara tidak hanya muncul pada kaum wanita lho. Pada kaum pria, khususnya yang memiliki bentuk tubuh yang gemuk, payudara juga bisa muncul sebagai akibat dari banyaknya lemak yang ada dalam tubuh. Hanya saja, menurut pakar kesehatan, kebiasaan yang dilakukan oleh kaum pria, termasuk pria muda belakangan ini juga bisa menyebabkan payudara pada dadanya tumbuh lho.

Kerap Dilakukan Pria, Hal Ini Padahal Bisa Menyebabkan Payudara Tumbuh

Kebiasaan ini adalah kerap mengkonsumsi minuman beralkohol. Banyak pria yang mengkonsumsinya demi melampiaskan stress atau sebagai teman ngobrol bersama dengan rekan-rekannya. Padahal, menurut pakar kesehatan dr. Walta Gautama, Sp.B (K) Onk yang berasal dari Rumah Sakit Mitra Kelapa Gading, kebiasaan ini sangat buruk bagi kesehatan dan bisa menyebabkan payudara pria tumbuh lebih besar.

Meskipun secara anatomi berbeda, dalam realitanya tubuh wanita dan pria memiliki organ tubuh yang hampir sama, termasuk pada bagian dada atau payudara. Hanya saja, karena faktor hormonlah payudara pada pria tidak tumbuh sebagaimana payudara wanita. Namun, karena mengkonsumsi minuman beralkohol, tubuh pria akan mengalami ketidakseimbangan hormon, khususnya dalam memproduksi hormon estrogen dalam jumlah yang berlebihan. Padahal, hormon inilah yang menyebabkan tumbuhnya payudara pada wanita.

Setelah dikonsumsi, alkohol akan berubah menjadi estradiol yang mirip dengan estrogen. Keberadaan estradiol inilah ternyata bisa menyebabkan tubuh pria mengalami perkembangan pada payudaranya. Tak hanya itu, kebiasaan orang yang mengkonsumsi minuman beralkohol yang juga suka mengkonsumsi makanan tidak sehat dan berlemak membuat kadar lemak dalam tubuhnya meningkat tajam sehingga payudaranya juga akan semakin membesar.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya pria tidak lagi meminum alkohol jika tidak ingin payudaranya tumbuh.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi