Terbit: 18 January 2018 | Diperbarui: 2 June 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Siapa sih yang tidak cemas saat mengalami masalah rambut rontok? Banyak orang yang bahkan mengaku ngeri melihat banyaknya rambut yang rontok dari kepala sehingga akhirnya khawatir jika nantinya mereka mengalami kebotakan. Memang, dengan melakukan perawatan rambut baik itu dengan membeli produk yang bisa mengatasi kerontokan atau pergi ke tempat perawatan rambut ternama bisa membantu mengatasi masalah ini dengan efektif. Namun, ada baiknya kita juga harus memperhatikan kebiasaan kita dalam memperlakukan rambut yang bisa saja justru menjadi pemicu masalah kerontokan ini.

Kerap Dilakukan, Kebiasaan Ini Bikin Rambut Mudah Rontok

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan yang kerap dilakukan banyak orang, khususnya kaum hawa, yang bisa memicu kerontokan adalah mengikat rambut dengan kencang. Memang, dengan mengikat rambut, kita tidak akan risih saat melakukan berbagai aktifitas. Sebagai contoh, saat mencuci piring atau sedang sangat gerah karena suhu udara yang panas, kita tentu akan risih dengan kondisi rambut yang membuat tidak nyaman pada kulit. Dengan mengikatnya, maka rambut tidak akan begitu terasa mengganggu.

Pakar kecantikan Edward James menyebutkan bahwa dengan kerap mengikat rambut terlalu kencang dalam waktu yang lama, maka rambut dan kulit kepala dimana akar rambut berada akan menjadi tegang. Hal ini bisa menyebabkan rambut menjadi pecah-pecah dan akhirnya mengalami kerontokan.

Telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa terlalu sering mengikat rambut bisa menyebabkan kerusakan rambut secara permanen. Selain itu, kebiasaan mengikat rambut setelah berkeramas atau tidur setelah berkeramas juga bisa menyebabkan masalah yang sama. Hal ini disebabkan oleh rambut yang cenderung sangat rapuh saat masih dalam kondisi lembab sehingga jika kita gosok-gosokkan pada bantal, maka kerusakannya pun akan menjadi lebih parah.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi