Terbit: 11 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Hari Minggu memang memberikan kesempatan bagi kita untuk lebih bersantai dan menikmati suasana. Namun, bukan berarti kita bisa melakukan berbagai hal seenaknya karena bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak melakukan hal ini saat sedang menikmati libur akhir pekan seperti sekarang ini.

Kerap Dilakukan, Kebiasaan di Hari Minggu Ini Berbahaya Bagi Kesehatan

Tetap menggunakan ponsel dengan berlebihan
Meskipun bisa sangat menghibur karena membuat kita bermain media sosial dan hal-hal lain, tetap memakai ponsel saat hari Minggu atau libur akhir pekan justru akan meningkatkan kadar stress tubuh, apalagi jika yang kita baca juga bisa membuat pikiran kita menjadi semakin ruwet. Ada baiknya letakkan ponsel di hari Minggu dan sempatkan waktu lebih banyak bagi keluarga.

Berolahraga dengan berlebihan
Berolahraga memang bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan. Namun, berolahraga dengan berlebihan dan akhir pekan karena ingin menurunkan berat badan dengan cepat justru akan berimbas buruk bagi kesehatan fisik.

Masih tetap berpikir tentang pekerjaan
Seharusnya, di hari Minggu kita bisa benar-benar lepas dari pekerjaan sehingga bisa meredakan stress yang disebabkan oleh berbagai masalah di tempat kerja. Jika kita tetap berpikir tentang pekerjaan, maka tingkat stress dalam pikiran tetap tinggi yang justru bisa merusak produktifitas saat hari kerja nantinya.

Makan sembarangan
Di hari Minggu, kita memang akan memiliki kesempatan untuk mencicipi berbagai makanan yang belum pernah kita coba. Sayangnya, hal ini bisa membuat kita mengkonsumsi makanan tidak sehat dan berlebihan. Jika kita sembarangan saat makan, maka risiko terkena obesitas meningkat dengan signifikan.

Tidur larut malam
Meskipun ada acara olahraga atau drama favorit yang dimulai di malam hari, pastikan untuk tidak tidur terlalu larut dan tetap mendapatkan waktu tidur yang cukup demi kesehatan tubuh.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi