Terbit: 7 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Setiap hari kita tentu akan beberapa kali mengeluarkan kentut atau buang angin. Biasanya, kita melakukannya saat jauh dari orang lain atau secara diam-diam karena menganggap kentut ini sebagai hal yang tidak sopan untuk dilakukan. Tak disangka, kentut ternyata bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh, termasuk mencegah kita mengalami kematian. Kok bisa?

Kentut Ternyata Bisa Mencegah Kematian!

Dilansir dari UCNews, disebutkan bahwa kentut bisa terjadi karena kita makan terlalu cepat. Hal ini membuat kita tanpa sadar menelan udara dalam jumlah yang cukup banyak. Kondisi ini membuat tubuh memproduksi gas buang dalam jumlah yang lebih banyak. Selain itu, kebiasaan lain yang membuat kita menelan gas dalam jumlah yang banyak adalah mengunyah permen karet.

Perubahan hormon di dalam tubuh atau proses pencernaan beberapa jenis makanan juga akan membuat kita memproduksi gas dalam jumlah yang banyak. Sebagai contoh, konsumsi makanan dari produk susu layaknya keju, es krim, dan produk yang kaya laktosa lainnya bisa menjadi penyebabnya. Beberapa jenis sayuran seperti kol atau brokoli juga bisa membuat kita lebih sering buang angin karena memproduksi gas saat memasuki saluran pencernaan.

Melihat ada banyak sekali produksi gas di dalam tubuh, bisa dibayangkan jika gas-gas ini sama sekali tidak dibuang melalui kentut? Bisa jadi gas ini akan terus menerus berada di dalam tubuh dan memicu masalah kesehatan yang serius atau bahkan kematian. Selain itu, dengan mengeluarkan kentut, maka kita juga bisa menurunkan jumlah bakteri dan bau gas yang tidak sedap di dalam tubuh. Melihat adanya fakta ini, bersyukurlah jika Anda masih bisa kentut dengan lancar setiap hari.

Kalau Sobat Sehat sendiri berapa kali biasanya kentut dalam sehari?


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi