Terbit: 19 Maret 2018 | Diperbarui: 2 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Salah satu hal yang paling menjengkelkan adalah jika kita kehabisan ide saat bekerja. Kita seperti langsung kebingungan dan tidak mampu melakukan apa-apa. Apakah ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal ini?

Kehabisan Ide Saat Bekerja? Lakukan Hal Ini

Dikutip dari Asia One, para peneliti dari University of Toronto’s Rotman School of Management menemukan sebuah ide unik untuk membuat otak kita bekerja kembali, cara terebut adalah mencuci tangan. Meskipun terlihat tak berkaitan, mencuci tangan ternyata bisa membuat otak yang sebelumnya buntu bisa kembali lebih segar dan mendapatkan ide-ide baru.

Menurut para peneliti, membersihkan kedua tangan ternyata bisa memengaruhi psikis ataupun fisik kita. Dengan melakukannya, maka kita bisa memisahkan ide-ide lama dan tujuan dari ide-ide baru.

Dalam penelitian ini, terdapat empat eksperimen yang menghasilkan fakta bahwa setelah mencuci tangan, para partisipan cenderung menganggap ide-ide atau pola pikir lama menjadi tak lagi penting dan ide-ide atau hal-hal baru menjadi hal yang lebih penting untuk diutamakan.

Ping Dong, salah satu mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini menyebutkan bahwa bersih-bersih ternyata bisa mengubah kebiasaan seseorang. Hanya saja, penelitian ini hanya menunjukkan manfaat membersihkan tangan dalam jangka pendek. Hal ini berarti, mencuci tangan hanya akan membuat otak kita segar kembali, namun tidak akan memberikan manfaat jangka panjang yang berarti.

Yang menarik adalah, penelitian lain yang sama sekali tidak terkait namun dilakukan di University of Michigan, Amerika Serikat, menemukan fakta yang serupa. Bahkan, dalam penelitian terakhir, mencuci tangan disebut-sebut bisa membuat seseorang mengambil sebuah keputusan dengan lebih baik setelah sebelumnya kebingungan untuk menentukan diantara beberapa pilihan.

Sobat Sehat tentu sering kehabisan ide saat bekerja bukan? Lakukan saja tips unik dan mudah ini agar otak kembali segar ya?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi