Terbit: 12 Maret 2018 | Diperbarui: 3 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Tak hanya bisa membantu memperbaiki tatanan gigi, kawat gigi juga dianggap sebagai salah satu trend yang disukai oleh para remaja. Leah Kitchen, gadis berusia 15 tahun dari Hull, Inggris, juga memakai kawat gigi demi memperbaiki tatanan giginya agar menjadi lebih baik. Yang tidak disangka adalah, kawat gigi ini ternyata juga bisa membahayakan nyawanya.

Kawat Gigi Hampir Mengambil Nyawa Remaja Ini

Photo Source: goodtimes.my

Dikutip dari Goodtimes, pada suatu hari Leah datang ke dokter gigi demi mengencangkan kembali kawat giginya. Semuanya berjalan lancar hingga seminggu kemudian, Leah jatuh sakit. Ia mengalami gejala seperti demam, sakit kepala, sakit pada persendian dan otot, hingga muntah-muntah. Dokter yang memeriksa kondisinya berpikir jika Leah hanya terkena flu, namun, kondisinya terus memburuk hingga Leah terkena dua kali stroke berskala mini.

Kondisi ini membuat Leah seperi orang yang kebingungan dan lupa ingatan. Sang ibu, Andrea bahkan menyebut Leah sempat bertanya tentang karpet dan mesin cuci baru saat kondisi tubuhnya sedang tidak karuan.

Dokter pun kemudian melakukan pemeriksaan lebih mendalam, termasuk memindai tubuh Leah dengan MRI. Hasilnya adalah, ternyata kandungan logam pada kawat giginya telah memasuki jantung dan menyebabkan infeksi pada tulang belakang dan otaknya. Kandungan logam ini juga mendorong bakteri memasuki aliran darah dan memasuki jantung sehingga memicu endocarditis yang membuatnya kehilangan memori dan terkena stroke.

Esok harinya, Leah langsung mendapatkan operasi pada jantungnya selama 5 jam dan kemudian harus menjalani masa pemulihan hingga 8 minggu. Ia juga terus mendapatkan antibiotik demi mengatasi infeksi pada tubuhnya.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mereka yang ingin memasang kawat gigi sebaiknya mengetahui adanya risiko kesehatan seperti yang Leah alami. Hal yang sama ternyata juga bisa saja terjadi pada orang yang memasang tindik atau tato. Jika ingin mendapatkan kawat gigi, pastikan untuk melakukannya di dokter gigi yang berpengalaman.

Sobat Sehat memakai kawat gigi tidak? Selalu periksa kondisi kawat gigi secaara teratur ya agar tidak mengalami masalah kesehatan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi