Terbit: 11 Maret 2018 | Diperbarui: 6 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Bagi sebagian masyarakat di tanah air, jilatan anjing adalah hal yang tidak baik. Namun, bagi mereka yang memelihara hewan yang dikenal patuh dan menurut pada pemiliknya ini, jilatan anjing adalah hal yang biasa dan bahkan menunjukkan bahwa anjing peliharaannya menyayanginya. Namun, sebuah pertanyaan pun muncul. Sebenarnya, jilatan anjing ini bisa berbahaya bagi kesehatan tidak sih?

Jilatan Anjing Bisa Menyebabkan Penyakit?

Dilansir dari Prevention, ternyata ada cukup banyak bakteri dan kuman pada air liur anjing yang bisa membuat kita jatuh sakit. Pakar kesehatan Sonia Batra, MD dari acara kesehatan The Doctors berkata bahwa saat air liur anjing menyentuh kulit manusia sehat, maka hal ini tidak akan menyebabkan masalah kesehatan yang berarti. Namun, air liur ini bisa saja memasuki bagian hidung, mulut, mata, atau menyentuh luka kecil di kulit muka sehingga bakteri dan kuman di dalamnya bisa masuk ke dalam tubuh.

Jika hal ini terjadi, maka kita pun akan lebih berisiko terkena berbagai hal berikut ini

  1. Terkena parasit

Terdapat beberapa jenis cacing berukuran kecil yang bisa saja ada di air liur anjing. Jika kita sampai dijilat anjing yang memiliki parasit tersebut, bisa jadi kita akan mengalami masalah gatal pada kulit, batuk-batuk dan bersin-bersin, sakit perut, atau bahkan demam.

  1. Sakit perut

Anjing cenderung menempatkan hidungnya di mana saja, termasuk tempat-tempat kotor atau kotoran hewan lainnya. Hal ini membuat hidungnya penuh dengan kotoran dan bakteri yang bisa menyebabkan sakit perut, demam, atau mual-mual dan muntah.

  1. Ruam-ruam

Telah ada banyak kasus yang menyebutkan bahwa kulit menjadi merah-merah dan meradang setelah dijilat anjing. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan glucoprotein dalam air liur anjing yang bisa memicu datangnya reaksi alergi pada kulit.

Sobat Sehat punya anjing di rumah tidak? Pastikan untuk selalu mencuci tangan dan mencuci muka setelah menyentuh atau dijilati anjing agar tidak mengalami masalah kesehatan ya?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi