Terbit: 18 Januari 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Semua orang pasti pernah menangis, terutama saat masih bayi. Tapi setelah kita dewasa, banyak dari kita mencoba untuk menahan tangis, misalnya di tempat kerja atau di depan umum, yang akan dipandang sebagai tanda Anda lemah, cengeng, atau menjadi bahan untuk dipermalukan.

Jepang Punya Klub Menangis yang Bisa Menyehatkan Tubuh

Namun, Anda bisa menghiraukan alasan itu, karena menurut penelitian, menangis ternyata benar-benar menyehatkan tubuh Anda.

“Menangis bisa mengaktifkan tubuh dengan cara yang sehat,” kata Stephen Sideroff, Ph.D., seorang psikolog klinis di UCLA dan direktur Raoul Wallenberg Institute of Ethics.

“Menangis adalah hal yang sangat positif dan sehat. Hal yang sama terjadi saat Anda menonton film yang menyentuh sehingga membuat Anda menangis. Itulah proses terbukanya diri Anda,” Stephen menambahkan.

Seperti di Jepang, masyarakatnya sangat percaya menangis bermanfaaat untuk kesehatan. Beberapa kota di Jepang sekarang memiliki klub menangis yang disebut rui-katsu, secara harfiah artinya pencarian air mata, di mana orang berkumpul untuk menikmati acara sobfests kuno—semacam menonton film.

Acara tersebut untuk membantu Anda menangis, para peserta diajak menonton film yang akan membuat penontonya mengeluarkan air mata.

Intinya, menangis bisa melepaskan stres, oleh karena itu menangis merupakan praktik bagus yang menandakan seseorang tetap sehat secara mental.

Studi tentang berbagai jenis air mata telah menemukan bahwa air mata emosiaonal mengandung kadar hormon stres yang bersifat basal (pelumas), atau air mata refleks (air mata keluar saat ada sesuatu di mata Anda).

Air mata emosional juga mengandung lebih banyak mood atau suasana hati daripada jenis lainnya.

“Stres dapat mengencangkan otot dan meningkatkan ketegangan, jadi saat Anda menangis Anda meregangkan sebagian otot,” kata Sideroff.

“Menangis juga mengaktifkan sistem saraf parasimpatis dan mengembalikan tubuh ke keadaan seimbang,” sambungnya.

Sideroff juga percaya bahwa klub menangis tersebut dapat memberikan ruang yang mendukung dan aman untuk menangis bagi orang-orang yang berjuang untuk mengekspresikan emosi.

Kegiatan itu ide bagus, kata Sideroff, menangis dalam sebuah kelompok dapat mengesankan dan itu adalah sesuatu yang boleh dilakukan. Bagi banyak orang, itu bisa membuat lebih mudah untuk menangis.

Judith Orloff, MD, seorang profesor psikiatri klinis di UCLA, juga berpandangan sama, ia mengatakan bahwa, sangat penting untuk menangis dalam kelompok.

”Sangat menyenangkan jika Anda merasa nyaman menangis di depan umum dan ada rasa saling percaya, bahwa saya tidak dapat menasihati pasien saya untuk menangis dalam pertemuan bisnis atau di tempat kerja. Itu bisa dianggap sebagai kelemahan,” Orloff menambahkan.

Sebagai gantinya, Orloff menyarankan agar Anda menemukan tempat di mana Anda bisa menangis, seperti saat kantor kosong atau kamar mandi.

Jika Anda dapat menemukan tempat menangis yang aman, Anda bisa menangis sepuasnya tanpa ada rasa takut akan jadi perhatian orang-orang.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi