Terbit: 28 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang akan mandi di pagi dan sore hari. Mandi pagi bisa membuat badan menjadi lebih segar atau bersemangat sebelum memulai aktifitas harian. Sementara itu, mandi sore akan membuat badan yang terasa lengket, gerah, dan kotor setelah seharian bekerja bisa menjadi lebih bersih. Yang tidak disangka adalah, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menghindari beberapa jam tertentu untuk mandi karena bisa membahayakan kesehatan seperti sebagai berikut.

Jangan Mandi di Jam-Jam Ini, Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan!

Di sekitar pukul 15.00
Saat jam menunjukkan pukul 15.00, ternyata suhu tubuh kita sedang cenderung dalam kondisi yang panas. Jika kita kemudian tetap mandi di jam tersebut demi mengatasi rasa gerah, maka tubuh akan terasa lebih lelah dari sebelumnya.

Setelah maghrib
Banyak orang yang mandi setelah maghrib atau sekitar pukul 18.00 hingga 19.00 karena baru sampai di rumah setelah melakukan perjalanan dari tempat kerja. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, di jam-jam tersebut jantung berada dalam kondisi lelah dan lemah sehingga bisa membahayakan kesehatan jika kita mandi, khususnya mandi dengan air dingin.

Mandi terlalu malam
Jika kita mandi setelah pukul 19.00 atau lebih malam, suhu udara yang lebih dingin membuat kita bisa mengalami kedinginan setelah melakukannya dan akhirnya membuat kita mudah jatuh sakit.

Pakar kesehatan lebih merekomendasikan waktu mandi yang ideal seperti saat pagi hari yang bisa membuat tubuh lebih segar, awet muda, dan membuat daya tahan tubuh meningkat. Selain itu, ada baiknya kita mandi di sore hari sebelum waktu maghrib yang jauh lebih baik bagi kesehatan tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Dengan adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak mandi terlalu siang atau terlalu malam karena kurang baik bagi kesehatan tubuh.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi