Terbit: 7 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com-Selain pola makan dan istirahat, ternyata gaya hidup juga sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Akan tetapi, gaya hidup yang menjadi rutinitas ini sering diabaikan oleh sebagian orang karena dianggap bukan hal yang yang fatal. Padahal tanpa disadari, beberapa kebiasan atau gaya hidup yang dilakukan sehari-hari dapat merusak kesehatan secara perlahan. Berikut 5 kebiasaan yang sebaiknya dihindari guna menjaga kesehatan tubuh:

Jangan Lakukan 5 Kebiasaan ini Kalau ingin Hidup Sehat!

  • Jangan minum kopi saat bangun tidur

Kebiasaan ini sepertinya sudah mendarah daging bagi sebagian orang Indonesia. Sebab, kopi adalah minuman khas Nusantara yang sangat nikmat disajikan kapanpun dan dimanapun, terlebih saat bangun tidur. Demi menjaga kesehatan, alangkah baiknya meninggalkan kebiasaan ini. Saat tertidur, tubuh manusia tidak mendapat asupan air yang cukup selama berjam-jam yang menyebabkan dehidrasi. Jadi, sebaiknya minum air putih terlebih dahulu saat bangun tidur untuk menangani dehidrasi tersebut.

  • Jangan melewatkan Sarapan

Sesibuk atau setelat apapun, jangan pernah melewatkan sarapan. Ya, sarapan atau makan pagi sangat penting untuk menjaga kesehatan. Dengan memberi makanan kepada tubuh di pagi hari, proses metabolisme akan berjalan baik dan pula memberikan cadangan energi yang akan meningkatkan focus dan kinerja sepanjang hari. Selain itu, dengan rutin sarapan, lambung akan tetap sehat dan terhindar dari penyakit maag.

  • Jangan duduk sepanjang hari

Aktivitas dan kesibukan kantor menjadi salah satu alasan orang untuk duduk sepanjang hari tanpa mengenal lelah. Menurut informasi yang dihimpun, duduk sepanjang hari berpotensi menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, misalnya kanker, diabetes, dan penggumpalan darah. Maka dari itu, usahakan melakukan relaksasi ringan di sela-sela kesibukan. Relaksasi bisa berupa berdiri, berjalan, maupun menggerakkan tubuh.

  • Jangan suka tidur larut malam

Tidur larut malam atau yang lebih sering disebut begadang, adalah sebuah aktivitas yang tidak baik bagi kesehatan. Namun, sayangnya begadang sudah menjadi gaya hidup populer yang susah untuk dihilangkan. Sekedar informasi, begadang adalah sebuah aktivitas yang sangat merugikan fisik maupun psikis. Dengan kurang tidur, tubuh akan rentan dengan penyakit karena pengendapan racun. Perlu diketahui pula, tidur adalah salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan racun (toxin) dalam tubuh. Begadang juga bisa menyebabkan kecemasan, penurunan konsentrasi, dan penuaan dini. Maka dari itu, usahakan untuk menghindari begadang jika memang tidak ada urusan mendesak.

  • Jangan berdiri saat makan dan minum

Makan dan minum berdiri merupakan sebuah tren yang sudah digemari oleh banyak orang. Tapi pada kenyataannya, gaya hidup seperti itu tidaklah baik bagi kesehatan. Menurut informasi medis, kebiasaan seperti ini dapat mempengaruhi kinerja tubuh yang dapat memicu datangnya penyakit. Adapun efek negatif dari kebiasaan ini adalah mengganggu sistem pencernaan, mengganggu kadar asam, menyebabkan ulser, dan parahnya lagi lambung tidak akan bisa menyaring makanan dengan baik.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi