Terbit: 28 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Saat sedang mudik, Anda mungkin ingin buru-buru sampai di kampung halaman. Sebagai dampaknya, Anda mengabaikan waktu untuk istirahat. Padahal, istirahat saat mudik sangat penting, lho. Apa saja pentingnya? Simak melalui ulasan berikut!

Catat! Ini 6 Alasan Mengapa Istirahat Saat Mudik Penting

Pentingnya Istirahat Saat Mudik

Seberapa sering Anda mengabaikan istirahat dalam perjalanan ketika mudik? Jangan sampai karena tak sabar bertemu keluarga di kampung halaman, Anda memaksa melanjutkan perjalanan meski rasa lelah menerpa.

Saat sedang mudik, beristirahat adalah sesuatu yang penting dan harus dilakukan tanpa banyak kompromi. Apalagi perjalanan yang Anda lakukan cukup jauh.

Nah, berikut beberapa alasan pentingnya istirahat saat mudik apa pun alasannya:

1. Menghindari risiko pusing dan mual

Terus berada di dalam kendaraan dalam jangka waktu lebih dari tiga jam akan membuat Anda jadi pusing dan mual. Jika ini terjadi, ibadah puasa yang sedang Anda jalani terancam batal!

Oleh karena itu, beberapa orang merekomendasikan istirahat selama beberapa saat di rest area atau di pinggir jalan yang aman dan nyaman.

Jadi, jangan terburu-buru untuk segera sampai, ya. Tetap utamakan kesehatan dan keselamatan Anda sekeluarga.

2. Membantu ibadah puasa tetap lancar

Perjalanan jauh saat mudik tak jarang membuat Anda kelelahan, terutama jika menghadapi macet di tengah terik matahari. Godaan untuk buru-buru membatalkan puasa mungkin bisa muncul.

Namun, tak perlu khawatir. Ternyata istirahat saat mudik dapat membantu ibadah puasa tetap lancar.

Kalau Anda beristirahat saat mudik, khususnya yang menggunakan pribadi, puasa tetap bisa dijalani dengan baik. Anda masih bisa sahur dan berbuka di jalanan meski akses mendapatkan makanan serba terbatas.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa membawa bekal makanan untuk disantap selama perjalanan. Pastikan makanan yang Anda bawa makanan dan camilan yang sehat, seperti buah-buahan.

Sebaliknya, batasi atau hindari sama sekali makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi untuk mencegah Anda terjaga selama perjalanan.

Baca Juga10 Cara agar Tidur Nyenyak selama Perjalanan Mudik

3. Menghindari micro sleep

Salah satu yang ditakuti oleh mereka yang sedang berkendara adalah micro sleep. Saat tubuh capai dan kantuk datang, micro sleep bisa muncul dan menyebabkan Anda tidur selama beberapa detik meski sedang mengendarai mobil atau motor.

Micro sleep sangat berbahaya untuk kesehatan karena bisa memicu kecelakaan. Meski Anda hanya tidur selama beberapa detik, kendaraan bisa tidak terkontrol dan akhirnya menabrak apa saja yang ada di depannya.

Kabar baiknya, dengan meluangkan waktu istirahat saat mudik, Anda bisa terhindar dari tidur sejenak ini. Dengan begitu, berbagai dampak buruk pun dapat dicegah.

4. Menurunkan risiko stres di perjalanan

Tradisi mudik cukup identik dengan kemacetan. Jangan salah, kondisi ini bisa berujung pada stres!

Ketika stres di perjalanan bergabung dengan stres akibat kurang tidur, produksi hormon kortisol akan meningkat. Peningkatan kadar kortisol bisa berakibat pada risiko kecemasan sehingga stres Anda pun akan bertambah.

Meluangkan waktu istirahat saat mudik bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah kondisi ini.

5. Mencegah sakit saat lebaran

Istirahat selama perjalanan akan membantu menjaga tubuh tetap sehat. Ketika tidur, sel darah putih akan meningkat jumlahnya, terutama di malam hari. Sebaliknya, kekurangan tidur membuat mekanisme pertahanan tubuh melemah.

Pada akhirnya, kondisi tersebut akan berimbas pada menurunnya sistem imun tubuh. Berbagai infeksi pun akan mudah menyerang tubuh.

Oleh karena itu, luangkan waktu sejenak untuk memperoleh istirahat yang cukup. Dengan begitu, Anda dan keluarga akan sampai di tempat tujuan dengan aman.

Anda tidak ingin momen lebaran terlewat begitu saja akibat tubuh yang tiba-tiba drop, bukan?

6. Menghindari risiko kecelakaan

Alasan lain yang membuat istirahat saat mudik menjadi penting adalah mencegah kecelakaan. Jika Anda kerap kali menahan rasa kantuk, maka risiko ini bisa meningkat.

Melansir United States Department of Transportation, beberapa fakta penting mengenai kecelakaan akibat mengantuk, di antaranya:

  • Paling sering terjadi antara tengah malam dan 6 pagi, atau di sore hari.
  • Sering kali hanya melibatkan satu pengemudi, tanpa penumpang.
  • Dapat terjadi di jalan kecil seperti pedesaan ataupun jalan raya.

Agar terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan saat mudik, pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup. Selain itu, waspadai tanda-tanda kantuk. Jika sudah mengenali tanda-tandanya, Anda bisa berhenti sejenak untuk istirahat.

Baca JugaTetap Aman dan Nyaman, Ini 9 Tips Mudik Bersama Anak

Cara melakukan istirahat dengan benar

Agar perjalanan tetap lancar, ikuti beberapa tips istirahat saat mudik berdasarkan kendaraan yang digunakan berikut ini:

  • Bus: sebisa mungkin segera istirahat begitu masuk atau pada satu jam pertama. Jangan terlalu banyak bermain dengan ponsel karena bisa membuat Anda susah mengantuk selama perjalanan.
  • Kereta api atau pesawat: mudik dengan kereta api dan pesawat mungkin tidak memberikan rasa lelah yang besar sehingga Anda boleh istirahat jika memang diperlukan.
  • Kapal laut: perjalanan biasanya memakan waktu selama 2-3 hari atau lebih, bergantung dengan lokasi yang dituju. Karena cukup lama, luangkan waktu untuk banyak beristirahat, tidak banyak bergerak, dan minum obat antimabuk bila perlu.
  • Kendaraan pribadi: pastikan untuk selalu beristirahat setiap 3 jam sekali kalau menyetir sendiri. Waktu istirahat saat mudik ini akan membantu Anda meregangkan tubuh agar tidak kaku dan mencegah kecelakaan karena kantuk.

Kini, Anda sudah tahu mengapa istirahat saat mudik sangat penting. Ingat, apa pun jenis transportasi yang Anda pilih, pastikan untuk meluangkan waktu untuk beristirahat selama perjalanan, ya!

 

  1. Anonim. Drowsy Driving. https://www.nhtsa.gov/risky-driving/drowsy-driving. (Diakses pada 28 April 2022).
  2. Suni, Eric. 2022. Travel and Sleep. https://www.sleepfoundation.org/travel-and-sleep. (Diakses pada 28 April 2022).
  3. Tysdal, Damian. Tanpa Tahun. 6 Reasons to Get Plenty of Sleep When You Travel. https://covertrip.com/travel-safety-tips/get-plenty-of-travel-sleep. (Diakses pada 28 April 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi