Terbit: 4 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Beberapa pria lebih memilih menikah dengan wanita yang lebih tua karena tidak ingin calon istri yang kekanak-kanakan. Selain itu, figur seorang ibu yang dimiliki wanita yang lebih tua dianggap bisa ngemong pria menjadi lebih baik dalam kehidupannya dan kelak memiliki keluarga yang bahagia saat memiliki anak.

Ini Risiko Menikah dengan Wanita yang Lebih Tua

Nah, apakah anggapan pria seperti ini memang benar? Tidak adakah risiko menjalin hubungan dengan wanita yang lebih tua? Jawabannya ada, berikut beberapa risiko menikah dengan wanita yang lebih tua.

1. Masalah kehamilan
Seiring dengan berjalannya usia, kesuburan dari wanita akan menurun. Menikah dengan wanita yang usianya di atas 35 tahun berisiko tidak memiliki momongan. Selain itu, untuk mendapatkan anak, pria juga harus bekerja dengan keras karena kondisi rahim yang tidak lagi kondusif serta gangguan akibat penyakit lainnya.

Wanita dengan usia di atas 35 tahun juga rentan alami keguguran saat hamil. Kualitas endometriosis atau kondisi dinding rahim tidak sesehat saat muda. Embrio yang terbentuk dari pembuahan akan susah menempel dan berkembang menjadi besar hingga akhirnya dilahirkan.

Wanita disarankan untuk hamil pada usia 20-an dan kurang dari 30 tahun. Jadi, kalau Anda ingin menikah dengan wanita yang lebih tua, pikirkan kemungkinan ini.

2. Mendominasi hubungan
Wanita yang lebih tua biasanya mendominasi hubungan. Mereka merasa lebih dewasa sehingga kerap melakukan apa saja yang diinginkan. Pria akan yang memiliki sifat mendominasi akan susah menjalin hubungan dengan wanita dewasa jenis ini karena sifat keras kepala yang dimiliki oleh keduanya bisa membuat pertengkaran sering terjadi.

Lebih lanjut, wanita yang lebih tua cenderung lebih posesif. Mereka akan melarang suami untuk keluar rumah karena takut akan tertarik dengan wanita lain yang jauh lebih muda dan cantik.

Oh ya, dua hal di atas hanya terjadi pada beberapa wanita dan tidak bisa digeneralisasi. Jadi, tentukan pilihan Anda dengan bijak ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi