Terbit: 20 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah anda sudah tau bahwa tanggal 14-20 Februari adalah satu minggu penuh peringatan Pekan Sarapan Nasional? Peringatan PESAN memang masih belum hits tapi peringatan ini mempunyai tujuan yang bermanaaf untuk kita semua. Dari namanya sebenarnya kita sudah tahu bahwa peringatan PESAN adalah untuk mengingatkan kita akan pentingnya sarapan. Namun mengapa peringatannya dilakukan lebih dari satu hari bahkan hingga satu minggu penuh?

Ini Lho yang Mau Disampaikan dalam PESAN

Umumnya kita semua pasti sudah tahu bahwa sarapan adalah hal yang penting. Sarapan memberikan manfaat untuk tubuh dan konsentrasi otak baik untuk anak-anak atau orang dewasa. Meskipun banyak yang sudah tahu bahwa sarapan itu penting, namun biasanya masih banyak orang yang tidak membiasakan melakukan sarapan padahal kita terus beraktivitas setiap hari. Maka dari itu PESAN diperingati selama satu minggu penuh dengan tujuan selain menekankan pentingnya sarapan juga agar kita terbiasa melakukan sarapan. Mengubah kebiasaan agar jadi terbiasa sarapan tentu tidak bisa dilakukan secara cepat maka dari itu membiasakan sarapan dilakukan bertahap agar pencernaan kita dapat melakukan adaptasi kebiasan tersebut dengan baik.

Dalam satu minggu peringatan PESAN kita diajak untuk rutin atau membiasakan sarapan. Sarapan adalah kegiatan mengonsumsi makanan atau minuman yang dilakukan sebelum jam 9 pagi. Sarapan sebaiknya mampu memenuhi kebutuhan awal tubuh kita untuk memulai hari yaitu makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat, protein dan sayur atau buah. Dengan terpenuhinya kebutuhan awal tubuh kita maka hal ini akan mendukung meningkatnya hidup yang aktif dan produktif serta mendukung pola hidup yang sehat. Peringatan PESAN cukup banyak dilakukan di banyak instantsi baik swasta ataupun ikatan persatuan terkait seperti kesehatan dan gizi. Peringatan dilakukan dengan melakukan hal yang membuat kita terbiasa dalam melakukan sarapan selama satu minggu peringatan PESAN.

Bagaimana dengan anda? Sudah terbiasa sarapan selama PESAN tahun ini?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi