Terbit: 11 Maret 2018 | Diperbarui: 8 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Rambut merupakan salah satu faktor penting untuk penampilan seseorang agar terlihat menarik. Berbagai macam model gaya rambut dapat diaplikasikan, seperti diluruskan, dikeriting ataupun diwarna. Namun ada beberapa masalah pada rambut yang dapat Anda alami salah satunya adalah uban.

Ini Dia 5 Faktor Munculnya Uban Pada Usia Dini

Uban merupakan proses bergantinya warna rambut menjadi abu-abu kemudian putih. Saat rambut berubah menjadi putih, terjadi proses perubahan kadar melanin. Banyak orang beranggapan bahwa uban akan muncul pada saat sudah tua. Tapi tahukah Anda, bahwa uban akan muncul di usia muda karena beberapa faktor, diantaranya:

1. Diet yang Salah

Jika Anda sedang melakukan proses diet untuk menurunkan berat badan dan ingin mendapatkan hasil yang sangat cepat, tentunya Anda akan melakukan diet dengan cara yang ekstrem bukan? Sebaiknya, mulai sekarang berhentilah untuk melakukan diet yang salah. Diet yang salah akan meyebabkan munculnya uban di usia dini karena ketika tubuh tidak mendapatkan suplai vitamin dan mineral yang cukup, maka fungsi tubuh tidak berjalan dengan baik sehingga akan menyebabkan masalah kesehatan dan memicu tumbuhnya uban.

2. Merokok

Anda tentu sudah tahu dampak negatif rokok bagi kesehatan. Selain bisa menyebabkan serangan jantung, impoten dan kanker, rokok juga bisa membuat uban muncul lebih cepat. Karena pada saat merokok, Anda memasukkan racun radikal ke dalam rambut sehingga produksi melanin pada rambut akan semakin mengurang dan memicu timbulnya uban. Ini terjadi bukan hanya pada perokok aktif saja, namun perokok pasif juga dapat mengalaminya.

3. Menopause Dini

Menopause adalah sebuah kondisi normal yang akan dialami oleh semua wanita dan ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi. Menopause umumnya terjadi pada wanita berusia sekitar 51 tahun. Namun ada banyak wanita yang mengalami menopause dini. Hal ini juga menjadi penyebab uban tumbuh di usia dini karena terjadi ketidak seimbangan hormone dan produksi melanin yang menurun.

4. Penggunaan Catok Rambut dan Hair Dryer

Catok rambut dan hair dryer sangat membantu untuk merubah penampilan rambut agar terlihat semakin menarik. Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan alat-alat tersebut secara berlebihan akan memicu kerusakan rambut dan tumbuhnya uban. Panas yang dihasilkan dari alat-alat tersebut dapat mempengaruhi produksi melanin pada rambut sehingga mengakibatkan tumbuhnya uban.

5. Faktor Psikologis

pekerjaan yang banyak dan pikiran yang kacau akan menimbulkan stres, khawatir, sedih, dan gelisah. Tanpa Anda sadari bahwa guncangan batin tersebut akan mempengaruhi jumlah sel-sel melanin yang akan diproduksi oleh rambut. Sehingga akan mempercepat tumbuhnya uban.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi