Terbit: 19 Maret 2018 | Diperbarui: 8 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Apa keterangan label yang paling penting Anda lihat? Sebagian besar tentu memahami bahwa tanggal kedaluwarsa adalah hal yang harus diperhatikan. Tapi pernahkan Anda perhatikan, bahwa keterangan kedaluwarsa pada setiap makanan berbeda-beda?

Ini Arti Tanggal Kedaluwarsa Pada Label Kemasan Makanan

Tanggal kedaluwarsa menunjukkan kualitas bahan makanan, maka dari itu tanggal kadaluarsa menjadi poin penting yang diperhatikan.

Jika kita mengosumsi makanan yang melebihi tanggal kedaluwarsa maka akan meningkatkan risiko keracunan atau kontaminasi bahan berbahaya.

Untuk itu penting bagi kita memahami apa saja arti dari keterangan tanggal kedaluwarsa pada masing- masing kemasan makanan. Berdasarkan data dari Food Standarts Agency dan Institute of Food Technologist Chicago, beberapa arti keterangan kedaluwarsa pada kemasan makanan adalah:

  • Use by
    1. Keterangan ini menunjukkan tanggal berapa makanan ini masih dapat dikonsumsi. Tanggal yang tercantum dengan keterangan use by merupakan tanggal maksimal bahan makanan ini dapat dikonsumi. Kita sama sekali tidak boleh mengonsumsi bahan makanan yag telah melewati tanggal use by-nya. Umumnya keterangan ini ada pada bahan makanan yang cepat rusak, misalnya daging segar, ikan, susu, keju atau makanan olahan dari bahan makanan segar lainnya.
  • Best by, best before atau best if used by
    1. Makanan dengan keterangan tanggal best by menunjukkan bahwa kualitas makanan dalam kemasan ada pada kondisi maksimal sebelum tanggal yang tercantum. Jika kita ingin memperoleh kualitas maksimal dari bahan makanan tersebut maka kita harus mengonsumsinya sebelum tanggal yang tercantum. Kita boleh mengonsumsi makanan tersebut lebih dari tanggal yang tercantum (kecuali telur), akan tetapi rasa, tekstur dan kandungan gizinya sudah bekurang kualitasnya.
    1. Umumya bahan makanan dengan keterangan ini adalah makanan yang tahan lebih lama seperti makanan beku, makanan yang dikeringkan atau makanan kaleng.
    1. Sell by

Keterangan ini digunakan oleh pihak penyedia atau penjual bahan makanan sebagai tanggal maksimal bahan makanan tersebut boleh dijual atau di-display.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui apa saja arti dari label kemasan makanan kan?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi